• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kecamatan Jayakerta Baru Terima PNPM Mandiri

    Rabu, 24 Juni 2009
    KARAWANG NEWS - Untuk pertama kalinya Kecamatan Jayakerta menerima program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Pedesaan. Program ini mulai disosialisasikan Selasa (23/6) siang kepada semua desa se-kecamatan di aula kecamatan setempat.
     
    Di sela sosialisasi tersebut, Ketua Forum Kerjasama Antar, Iyan Sukatma Wijaya menyambut baik program PNPM turun ke Jakayerta, dia menginginkan program ini bisa berjalan baik di kecamatannya dan mampu membangun desa. Dia juga mengingatkan semua pihak harus bekerjasama dan bertanggungjawab untuk mengembangkan program ini. Setelah sosialisasi PNPM, kedepan akan dibentuk UPK.
     
    Selain dihadiri semua kepala desa dan camat, sosialisasi ini pun dihadiri badan pengawas dan KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa). Disepakati, program ini akan dikembangkan untuk memajukan desa. Pada sosialisasi itu diebutkan sanksi-sanksi PNPM 2009, diantaranya bagi desa yang tidak mematuhi kebijakan pokok, prinsip dan lainya seperti yang tetuang dalam PTO PNPM Mandiri Pedesaan dan tidak mengikuti tahapan proses, kebijakan, aturan lain sebagaiman tertuang dalam PNPM Manidir Pedesaan, maka desa yag bersangkutan tidak berhak mendapatkan dana PNPM Mandiri Perdesaan.
     
    Selain itu, bagi desa yang tidak sangggup untuk menyediakan KPMD yang bertugas secara sukarela, maka desa yang bersangkutan tidak berhak mengikuti pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan. PNPM Mandiri Perdesaan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat pedesaan dengan menanggulangi masalah kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan, serta menangani persoalan pengangguran yang lebih dipicu oleh rendahnya kesempatan dan peluang kerja bagi angkatan kerja di pedesaaan.
     
    Visi PNPM Mandiri Pedesaan yaitu mewujudkkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin pedesaan. Sedangkan misi PNPM Mandiri Pedesaan yaitu meningkakan kapasitas masyarakat dan pelembagaan sistem pembangunan partisipatif, mengoptimalkan fungsi dan peran pemerintah lokal, pengembangan jaringan kemitraan dalam pembangunan, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasana dasar masyarakat.
     
    Tujuan umum PNPM yaitu mempercepat penanggulangan kemiskinan berdasarkan pengembangan kemandirian masyarakat melalui peningkatan kapasitas di masyarakat pemerintah lokal, serta penyediaan prasarana sosial dasar dan ekonomi, yaitu khusus peningkatan peran seta masyarakat terutama masyarakat miskin dan perempuan dalam pengambilan keputusan. Juga melembagakan pengelolaan pembangunan partisipatif, mengembangkan kapasitas pemerintahan lokal dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan. Termasuk melembagakan pengelolaan keuangan mikro dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin.
    Prinsip PNPM Mandiri Pedesaan yaitu bertumpu pada pembangunan manusia, mengingat masyarakat lebih memilih kegiatan yang berdampak langsung terhadap upaya pembangunan dibanding pembanguan fisik semata. Kemudian otonomi, yang bermaksud agar masyarakat memiliki hak dan kewenangan mengatur diri secara mandiri dan bertanggungjawab tanpa intervensi negatif dari luar. Juga desentralisasi memberikan ruang yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengelola kegiatan pembangunan sektoral dan kewilayahan yang bersumber dari pemerintah daerah sesuai dengan kapasitas masyarakat. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +