• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Banyak Siswa Cemas Menunggu Hasil Kelulusan

    Sabtu, 06 Juni 2009
    RENGASDENGKLOK, RAKA - Usai lulus SMA, ternyata tidak mudah memilih perguruan tinggi. Selain itu, masuk perguruan tinggi pun sangat membutuhkan biaya besar, seperti diungkapkan siswi SMAN 1 Rengasdengklok kepada RAKA, Jumat (5/6) siang, dia dan beberapa temannya mengaku bingung memilih sekolah.
     
    Namun banyak juga diantara siswa yang tinggal menunggu ijazah kelulusan dan merencanakan akan mencari pekerjaan, mengingat biaya perguruan tinggi terbilang mahal. Kebanyakan dari mereka optimis hasil UN (Ujian Nasional) yang telah mereka lewati beberapa waktu lalu bisa berhasil.
     
    Hal senada dikatakan Ima Apriyanti (18), siswi SMAN 1 Rengasdengklok. Baginya, perguruan tinggi itu harus bisa diraih, karena pendidikan tidak hanya sebatas SMA. Namun, kondisi ekonomi keluarganya sempat mengurunkan niatnya itu, karena dia termasuk keluarga tidak mampu. "Kemungkinan saya tidak bisa melanjutkan kuliah, khawatir putus di tengah jalan," ujarnya.
    Apalagi, lanjutnya, biaya di perguruan tinggi swasta sangat mahal. Sedangkan untuk masuk perguruan negeri seleksinya pun sangat ketat dan untuk masuk negeri, harus punya kecerdasan lebih. Kata Apriyanti, untuk bisa kuliah di universitas harus punya modal besar. Menurutnya, ada beberapa universitas negeri bisa memberikan beasiswa, bahkan di sekolahkan lagi sampai ke luar negeri sebagai perwakilan studi banding dengan beberapa negara. "Inginnya masuk universitas negeri yang ikut bekerja sama dengan universitas luar negeri," katanya.
    Siswa lainnya, Mellita Fransiska (19) menyatakan, kalau nanti ia melanjutkan, dia justru kebingungan masuk perguruan tinggi mana yang benar-benar bisa langsung menyalurkan kerja. Sepengetahuannya, kebanyakan yang sudah lulus perguruan tinggi pun masih susah mendapat lapangan kerja. "Yang sudah sudah saja masih banyak yang nganggur," ujarnya.
    Kata Meli, kalau hanya dengan bekal ilmu S3 (SD, SMP, SMU, red) dia tidak yakin akan mudah mendapat pekerjaaan yang diinginkannya. Meski begitu, bila nanti dia memilih untuk kuliah, dia berniat sambil bekerja, untuk meringankan beban ekonomi keluarga. "Bila saya pilih lanjut kuliah, kalau mampu saya juga ingin sambil bekerja," terangnya.
     
    Meski surat tanda kelulusan dari pihak sekolah akan di terima 14 Juni 2009 nanti, dia dan temannya berharap lulus. "Sekarang ini saya lagi cari informasi dari sekolah atau di internet, untuk mengetahui perguruan tinggi yang cocok untuk masa depan saya," harapnya. (sigit)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +