• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kades Kutakarya Terus Didesak Berhenti?

    Senin, 25 Mei 2009


    RENGASDENGKLOK, RAKA - Desakan pemberhentian Kades Kutakarya, Kecamatan Kutawaluya, Roza Marfin terus berlanjut dari lembaga desa termasuk masyarakat setempat, setelah surat teguran yang ditujukan kepada kades ini tidak digubris.

    Seperti dijelaskan Ketua BPD (Badan Perwakilan Desa) Kutakarya, Leklih Jajuli, kepada RAKA, Rabu (20/5) siang, BPD sebagai penengah telah mengambil langkah penyelesaian dengan mengundang kades dan warga untuk mengjelaskan persoalan yang muncul di desanya. Lokasi pertemuan telah ditentukan di kantor desa sesuai waktu yang disepakati para warga. Namun kades malah mangkir dan tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas.

    "Kami hanya mengajukan aspirasi warga perihal pengajuan pemberhentian kepala desa terkait kinerjanya yang tidak disiplin, kami telah mengundang kepala desa untuk klarifikasi langsung dengan warga," katanya.

    Hingga kemarin, BPD menyatakan akan terus melakukan teguran kepada kadesnya, selama kades itu tidak menggubris undangan warga. BPD pun akan menyampaikan persoalan ini kepada Bupati Karawang melalui pihak Kecamatan Kutawaluya untuk segera menindak lanjuti aspirasi warga Desa Kutakarya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Beberapa warga setempat menyatakan, kadesnya tidak disiplin dan selalu mendahulukan kepentingan pribadi dibanding kepentingan warga. Seperti diungkapkan Dayat (59) dari Dusun Dukuh RT 12/04, harusnya kepala desa mampu hadir dalam setiap rapat penting untuk menentukan persoalan desanya. Akibat kades tidak hadir, akhirnya rapat sering batal. Dan hingga kemarin, RAKA sulit menemui kades di kediamannya dan telepon selulernya sulit dihubungi.

    Hal senada diungkapkan Dana (59) warga Dusun Kedung Mundu RT 10/05 yang kecewa kadesnya tidak hadir pada rapat kelarifikasi kemarin. Menurutnya, kadesnya sering melakukan pelanggaran hukum." Belum lama roza terkena kasus buang tembakan dan kekerasan dalam rumah tangga, ia juga sering berprilaku tidak baik sebagai kades seperti mabuk-mabukan," ucapnya. (sigit)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +