• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Anton: Semua Jalan Harus Dicor

    Jumat, 22 Mei 2009


    Anton Suhirman saat mengawasi langsung perbaikan jalan beton di desanya.
     

    CILEBAR, RAKA - Sudah seharusnya semua jalan dicor, tidak lagi dihotmix. Mengingat kualitas jalan beton lebih tahan lama dibanding hotmix. Demikian kata Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Pusakajaya Utara, Anton Suhirman, kepada RAKA, Kamis (21/5) siang disela perbaikan jalan beton 400 meter di desanya.

    Menurutnya, pengecoran jalan poros desa antara Desa Pusakajaya Utara dan Pusakajaya Selatan ini merupakan contoh, supaya perbaikan jalan di semua desa juga harus dibeton. Kata dia, ajuan jalan beton ini sudah lama dan sudah direalisasikan dua kali, pertama sepanjang 400 meter di pertengahan tahun 2008 dan sekarang sudah dikerjakan lagi di ruas jalan serupa. "Perbaikan jalan ini bertahap, yang penting kualitasnya bagus dan tahan lama," ucapnya.

    Dia membandingkan, jika ruas-ruas jalan di desanya ini sudah tuntas dihotmix tahun 2006 lalu, maka jalan itu dipastikan akan rusak dan kembali jadi tanah dan batuan. Dan kemungkinan, masyarakat hanya akan merasakan jalan bagus yang sesaat. Namun jika jalan dibeton, meski sedikit demi sedikit, tapi dipastikan jalan itu akan awet sekitar 10-20 tahun.

    Usai perbaikan jalan ini, Anton meminta kepada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya untuk membangun tiang portal untuk menutup jalan tersebut. Hal itu perlu supaya jalan tetap dalam kondisi baik, karena hampir setiap waktu jalan-jalan yang sudah diperbaiki itu selalu dilalui kendaraan berat. "Portal itu untuk pemeliharaan, kalau tidak diportal maka akan banyak truk bermuatan banyak masuk ke jalan itu, apalagi daerah ini berdekatan dengan wilayah proyek (TPK) Tambak Pandu Karawang," jelasnya.

    Jalan 400 meter yang dikerjakan sejak 15 Mei 2009 kemarin ini memakan biaya Rp 388 juta-an dari APBD Kabupaten Karawang. Kontraktornya yaitu Endang Jengkol dari CV.Madani NCO. Kata Anton, perbaikan jalan ini langsung diajukan ke bupati oleh pihak desa dan LSM Faska. Dengan direalisasikannya jalan beton, berarti harga gabah akan semakin tinggi, karena perbaikan jalan ini akan menghidupkan akses pertanian setempat.

    Seperti dikatakan Sekdes Pusakajaya Utara, Maman, diperkirakan hingga tahun 2010 semua jalan poros desanya bisa dibeton, meski bertahap. Kata dia, memang biaya jalan beton lebih besar dibanding hotmix, kalau perbaikan jalan hotmix bisa sepanjang 1 km, tapi kalau dibeton hanya mampu 300-400 meter. Usai perbaikan jalan poros Desa Pusakajaya Utara ke Desa Pusakajaya Selatan, kedepan diharap ada perbaikan serupa jalan poros desa antara Desa Pusakajaya Utara hingga Desa Sungaibuntu sepanjang 2 km. "Rencana akan diperbaiki 350 meter, pekerjaannya bertahap," tukasnya. (spn)
     

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +