• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tono Bahtiar Meraih Suara Terbanyak di Dapil 4 Karawang

    Sabtu, 18 April 2009

    TIRTAJAYA, RAKA - Di dapil (daerah pemilihan) 4, caleg PDI-P H. Tono Bahtiar unggul sebagai pengumpul suara terbanyak menembus hingga 7 ribu suara, disusul caleg dari Partai Golkar, Didin Saepudin sekitar 4.500 suara dan suara terbanyak ketiga caleg dari PBB, Nurlaela Saripin sekitar 4 ribu-an suara.
     
    Sedangkan, perolehan sementara di dapil 4 adalah 8 kursi yang diperebutkan, yaitu 2 kursi oleh PDI-P, 1 kursi Golkar, 1 kursi Demokrat, 1 kursi PBB, 1 kursi Gerindra, 1 kursi PKS dan 1 kursi PPP. Tercatat, di dapil 4 ini sebanyak 102 caleg yang telah memperebutkan kursi DPRD Kabuapaten Karawang. Selain 8 orang yang duduk sebagai wakil rakyat, sisanya gugur menelan pil pahit kekalahan mereka.
     
    Dijelaskan H. Tono Bahtiar kepada RAKA, Jumat (17/4) siang, kuota BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) jadi rendah antara 15-16 ribu untuk 1 kursi caleg yang akan duduk di DPRDKarawang. "Dan permainan menang-kalah dalam pemilu ini adalah proses demokrasi yang jurdil, dimana rakyat yang menentukan sikapnya selama memilih caleg yang dia percaya," ucapnya.
     
    Kendati demikian, dia pun menjelaskan banyak suaranya hilang di beberapa KPPS. Dia pun mengatakan, sistem pemilu sekarang perumpamanannya seperti perang 'Bratayuda'. Selain bersaing antar partai, di dalam partai pun terjadi benturan sesama caleg. "Di Indonesia, sistem pemilu seperti ini masih kurang tepat, kecuali 10 tahun kedepan, karena pemilu seperti ini hanya bisa dilakukan di luar negeri yang sudah modern, cara pencontrengan ini hanya 50:50 persen antara yang bisa dan yang tidak bisa," jelasnya.
     
    Diketahui, dapil 4 meliputi 6 kecamatan di wilayah utara Karawang, diantaranya Kecamatan Pakisjaya, Batujaya, Tirtajaya, Cibuaya, Pedes dan Cilebar. Selama proses kampanye kemarin, tidak terjadi gesekan yang berbuntut konflik, semua caleg berusaha mengamankan masanya untuk mensukseskan pemilu. Biaya yang dikeluarkan tiap caleg hingga ratusan juta rupiah. Namun begitu, tidak sedikit caleg yang kini punya hutang uang yang belum terbayar. (spn)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +