• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    PSN Lebih Penting Dibanding Fogging

    Sabtu, 18 April 2009

    "Jika ada yg positif DHF (Dengue Hemorargi Fever) tapi tidak meninggal, maka PE(Penyelidikan Epidemiologi) dilaksanakan di rumah penderita dan sekitarnya. Namun jika hasilnya positif ada jentik nyamuk, baru diusulkan secepatnya untuk dilaksanakan fogging. Namun begitu, tetap yang lebih penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur)," kata Kepala Puskesmas Medang Asem, Kecamatan Jayakerta, Eko Susanto, kepada RAKA, Jumat (17/4) siang.
     
    Di puskesmasnya, akunya, punya prosedur tetap sistematis dan berurutan, prosedur itu akan berjalan dengan sendirinya ketika menangani kasus DBD. Sekarang, tinggal peran dan kesadaran masyarakat. Dia menghimbau, supaya rumah sakit segera melaporkan pada Dinas Kesehatan, jika menemukan pasiennya positif DBD. "Laporannya tidak usah berbelit dan pakai prosedur segala, cukup sms saja ke Dinas Kesehatan, supaya penanganan dari Dinas Kesehatan bisa dilaksanakan segera. Saya tekankan sekali lagi, yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemberantasan sarang nyamuk," katanya.
     
    Jika puskesmas mendapat informasi dari Dinas Kesehatan, maka puskesmas akan mengadakan pertemuan tim reaksi cepat yang terdiri seksi P2M (Pencegahan Penyakit Menuar), Promkes (Promosi Kesehatan), seksi Kesling (Kesehatan Lingkungan) dan dokter puskesmas. Setelah pertemuan itu, kemudian bergerak secara bersamaan. Tim P2M melakukan PE, yaitu memeriksa jentik nyamuk secara acak dan kemudian diperiksa apakah lingkungan tersebut positif atau negatif.
     
    Lebih lanjut Eko mengatakan, tim Promkes dan Kesling termasuk dokter akan langsung melaksanakan penyuluhan DBD. Dalam waktu bersamaan, setelah PE ditemukan maka akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan fogging. "Ini setelah PE, tim Promkes, Kesling dan dokter melakukan penyuluhan, sekaligus memberikan obat abate. Dan sebenarnya PSN itu lebih lebih penting dibanding fogging, karena fogging hanya memberantas nyamuk dewasa saja, sedangkan ribuan jentiknya tidak mati. Jadi, masyarakat harus menyadari pentingnya PSN, setelah penyuluhan kita juga lakukan penyuluhan PSN lintas sektoral secara berkala," ujarnya. (spn)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru