• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tambaksumur Wakili Tirtajaya Ikut Lomba Desa

    Rabu, 29 April 2009
    TIRTAJAYA, RAKA - Desa Tambaksumur ditunjuk mewakili Kecamatan Tirtajaya dalam penilaian lomba kinerja desa tingkat Kabupaten Karawang, Selasa (28/4). Dipilihnya desa ini karena dianggap sarana lingkungannya sudah mendukung. Ini dilihat dari proyek fisik, pendidikan yang sudah direalisasikan, kesehatannya telah menydiakan Pustu (Puskesmas Pembantu) dan perangkat desanya masih solid.
     
    Disela kegiatan, Camat Jayakerta, Drs. H. Wawan Setiawan menjelaskan, desa ini mendapat nilai tertinggi di tingkat kecamatan tahun 2008 lalu. Penilaian ini dilihat dari faktor masyarakat dan perangkat desanya, karena kepala desa ini terbilang baru terpilih pada Pilkades 2008 lalu. Dan kades ini masih memiliki motivasi baru membangun desanya, terutama mengaplikasikan program pemerintah, diantaranya pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan. "Secara manusiawi, pejabat baru masih punya semangat tinggi dan motivasinya bagus," katanya.
     
    Dia menambahkan, pada lomba desa ini melibatkan semua unsur dinas dan intansi pendidikan, kesehatan, keagamaan dan lainnya di desa ini. Kalau dari fisik desa, lanjutnya, sarananya sudah bagus. Bahkan, di desa ini banyak sarana masyarakat yang baik. Ini merupakan hasil partisipasi semua intansi yang bersangkutan, yang saling menjaga dan memiliki. "Pada prinsipnya, kades lama dan barus sama saja, tapi disini yang dimunculkan motivasi kades dan perangkatnya yang solid, karena dalam penilaian ini butuh kesungguhan dan pengorbanan dari aparat desanya," jelasnya.
     
    Di tempat sama, Kabid Pemerintahan Desa, BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) Kabupaten Karawang, Dedi Suryadi menjelaskan, pelaksanaan lomba desa dan kelurahan Kabupaten Karawang tahun 2009 ini mengacu pada surat Gubernur Jawa Barat, No. 147.44/629-BPMPD tanggal 2 Maret 2009, perihal pelaksanaan perlombaan desa dan kelurahan tahun 2009 yang meliputi, pembangunan pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan,keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintah, lembaga kemasyarakatan, juga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. "Program ini melibatkan dan menyentuh kepentingan masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat secara merata dan menyeluruh," ungkapnya.
     
    Kepala Desa Tambaksumur, Leles Lesmana mengatakan, sarana fisik memang sudah lengkap termasuk kesehatan, tapi kurangnya desa ini adalah pertaniannya, diantaranya tentang pengairan air ke persawahan yang kadang lambat datang. Sedangkan, kelebihan desa ini adalah pelayanan masyarakat yang cepat. Dia menjelaskan, setelah melanjutkan kepemimpinan kades lama, hingga kini pihaknya telah mengeluarkan kocek anggaran untuk perbaikan lingkungan. "Saya bangga, desa ini bisa mewakili desa lainnya di Tirtajaya ke tingkat kabupaten," ujarnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru