• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Makmurjaya Mewakili Lomba Desa Tingkat Kabupaten

    Selasa, 28 April 2009
     
    JAYAKERTA, RAKA - Desa Makmurjaya ditunjuk untuk mewakili desa lain di Kecamatan Jayakerta untuk ikut lomba desa tingkat Kabupaten Karawang. Dipilihanya desa ini, karena hasil penilaian se-Kecamatan Jayakerta pada Maret 2009 lalu, Makmurjaya sebagai juara pertama menyisihkan Desa Ciptamarga dan Medang Asem.
     
    Camat Jayakerta, Drs. H. Hamdani mengatakan di sela lomba desa, Senin (27/4) siang. Desa Makmurjaya ini dinilai kecamatan paling bagus administrasinya dibanding desa lainnya. Lomba ini, diikuti 29 desa di 29 kecamatan dari 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang. "Dengan lomba ini bisa memotivasi desa lain supaya administrasi desanya meningkat. Selain administrasi, Desa Makmurjaya ini pernah juara siskamling mewakili Polres Karawang dan Polwil Purwakarta. Ini bisa diraih dari partisipasi masyarakat setempat yang sejalan dengan kepala desa," jelasnya.
     
    Pada kesempatan pidato dihadapan dinas dan lembaga Kecamatan Jayakerta,
    Kabid Pengembangan Desa Kabupaten Karawang, Drs. Wawan menjelaskan, ada 8 faktor yang menjadi dasar penilaian, yang paling besar kesehatan, dan dipadu menjadi 5 kelompok. Lima indikator lomba desa itu pertama adalah kelompok data umum (orbitasi dan kependudukan), keamanan dan ketertiban serta pemerintahan desa, pelaksananya uaitu Kades, Sekdes, Kaur Pemerintahan, Kaur Keuangan, Kaur Trantib dan Ketua BPD Bidang Pemerintahan, LPM.
     
    Kedua yaitu kelompok data pendidikan, diantaranya UPTD Pendidikan, Kaur Kesra, BPD Bidang Pembangunan. Ketiga yaitu kelompok data kesehatan masyarakat, diantaranya bidan desa, UPTD Kesehatan dan PPL. Keempat yaitu kelompok data ekonomi masyarakat, diantaranya kaur Ekbang, Bidang Kemasyarakatan, BPD dan LPM. Kelima yaitu kelompok data partisipasi masyarakat dan lembaga kemasyarakatan, diantaranya Kaur Keuangan dan LPM. Dan keenam yaitu kelompok data PKK, yaitu tim penggerak PKK desa. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +