• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ebtanas Lebih Baik Dibanding UN

    Kamis, 30 April 2009

     
    KUTAWALUYA, RAKA - Kalau pemerintah mengganti UN (Ujian Nasional) dengan Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional) maka akan lebih bagus. Memang UN pun sudah bagus, tapi lebih tepat sekolah yang menentukan lulus atau tidaknya siswa, hasil penilaian gurunya.
     
    Demikian kata Kepala SMK Ristek, Drs. Darsono Sumedi, kepada RAKA, Rabu (29/4) siang. Kata dia, kalau model ujian akhir saat ini dianggap kurang adil, karena siswa yang rajin bisa tidak lulus karena sesuatu hal, tapi sebaliknya siswa nakal bisa lulus, "Menurut saya Ebtanas akan lebih baik, karena saat ini guru dan lembaga kadang merasa pesismis anaknya tidak lulus, meski sekolah sudah mempersiapkan pendalaman materi untuk menghadapi UN," ujarnya.
     
    Kata Darsono, dibeberapa media TV dan cetak, banyak beberapa sekolah yang melakukan kecurangan saat pelaksanaan UN. Hal itu dilakukan karena pihak sekolah menginginkan siswanya lulus semua. Pada sistem Ebtanas, kelulusan siswa berdasarkan rapat guru bidang studi, wali kelas dan kepala sekolah. Pada UN, kelulusan ditentukan Departemen Pendidikan Nasional, sedangkan pihak sekolah tidak bisa berkutik.
     
    Kendati demikian, UN di SMK Ristek berjalan dengan baik, lancar dan tak ada kendala, pihak SMK Ristek sudah komitmen UN tahun ini akan lebih baik dibanding UN tahun sebelumnya. Untuk menghadapi UN, SMK Ristek sudah mempersiapkan bimbel (bimbingan belajar) sejak awal tahun ajaran 2008-2009. Pada UN kemarin, SMK BII melaksanakan ujian menginduk ke SMK Ristek, total peserta UN kedua SMK itu menjadi 425 siswa. Dua siswa Ristek tidak ikut UN, alasannya mengundurkan diri.
     
    Keterangan beberapa siswa kelas tiga sementara ini, mereka menganggap dirinya bisa menyelesaikan UN, meski pengawasan dari tim pengawas independen ketat, tapi tidak menurunkan semangat menyelesaikan soal dengan tepat waktu. "Kita juga berharap tahun ini bisa lulus sesuai standar yang telah ditentukan, dan yang lulus pun bisa merebut pekerjaan di perusahaan termasuk diterima di perguruan tinggi," kata Darsono.
     
    Meski pendaftaran telah ditentukan Dinas Pendidikan yaitu akhir tahun ajaran, tapi SMK Ristek telah membuka pendaftaran gelombang pertama tanggal 1-30 Mei 2009, kemudian disusul gelombang kedua di bulan berikutnya. Penyeleksian siswa baru pun diprioritaskan tentang kesehatannya, karena sekolah kejuruan ini banyak praktek mesin, karena jika siswanya mengalami kelainan kesehatan, maka bisa berpengaruh pada saat dia menjalankan mesin. Kedua, penyeleksian siswa baru akan disesuaikan nilai untuk menentukan kejuruan yang dikehendaki siswa baru. Kejuruan yang mengtren di Karawang saat ini adalah teknik pemesinan, peminatnya paling banyak, bahkan dari jurusan ini banyak diminati perusahaan.
     
    Jurusan kedua Otomotif dan ketiga Teknik Audio Video. Pada pertengahan semester satu, ada pemantapan jurusan, pada waktu itu kadang ada sebagian siswa yang pindah jurusan. "Pada studi banding di Bali kemarin, jurusan Audio Video di sana sangat diminati, bahkan jadi favorite, beda dengan Karawang yang masih didominasi kejuruan otomotif dan mesin," kata Darsono. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +