• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SMAN 1 Rengasdengklok Juara Karya Ilmiah SMA se-Jawa

    Rabu, 18 Februari 2009

    Kepala sekolah dan para guru termasuk 3 siswa peraih karya ilmiah SMA se-Jawa.
     
     
    KUTAWALUYA, RAKA - SMAN 1 Rengasdengklok berhasil mengukir prestasi lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA se-Jawa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. SMA ini mendapat thropy bergilir dari Menteri Eklporasi Laut dan Perikanan termasuk piala tetap.
     
    Usai upacara bendera, Senin (16/2) pagi, pembimbing karya ilmiah SMAN 1 Rengasdengklok Sri Sugiarti S.Pd menyerahkan thropy tersebut secara simbolis kepada Kepala Sekolah H. Tarya Sukmana dan memberikan piagam penghargaan bagi tiga peserta ilmiah yang bertanding ke Bandung sebagai perwakilan sekolah, diantaranya Rona Lutfi Fauziah kelas X.8, Roli Farasika Simbolon kelas X.8 dan Mochamad Raidz Khairi kelas X.6.
     
    Lomba karya tulis ilmiah yang digelar Himpunan Mahasiswa Bologi Formica-FMIPA, Kampus UPI ini diikuti hampir semua SMA se-Pulau Jawa. Dan SMAN 1 Rengasdengklok berhasil memikat juri melalui karya ilmiah yang berjudul 'Energi alternatif EGSO (Eceng Gondok Sekam dan Oli Bekas) Untuk Mengatasi Krisis Energi'. Juara kedua diraih SMA Muhammadiyah Yogyakarta dan Juara ketiga SMAN 1 Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya.
     
    "Kita tahu, eceng gondok adalah masalah bagi pengairan kita, sampahnya bisa membuat saluran mampet, tapi kita sudah berhasil mengolahnya menjadi energi yang bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar memasak. Ini bisa dijadikan peluang usaha dalam memanfaatkan eceng gondok menjadi bahan bakar," kata Kepala SMAN 1 Rengasdengklok, H. Tarya Sukmana.
     
    Karya ilmiah ini dimulai 26 Desember 2008 lalu, kemudian pada 17 Januari 2009 SMAN 1 Rengasdengklok diumumkan masuk peringkat 8 besar, lalu dilombakan kembali pada babak final tanggal 12 Februari 2009 dan langsung dinobatkan sebagai pememanangnya. Thropy tersebut diambil pada 14 Februari 2009 di gedung JICA Fakultas Pendidikan MIPA UPI. Dan pada Senin kemarin, kemenangan gemilang ini diumumkan kepada semua siswa usai upacara bendera. (spn)
     
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +