Perawat Harus Mampu Analisis Cairan Tubuh Pasien

KARAWANG, KarawangNews.com - Perawat harus memiliki pengetahuan deteksi awal pasien, sebelum pasien ditangani dokter, diantaranya menganalisis cairan pada tubuh pasien. Meski ini hal sepele, tetapi ini merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya pertolongan terhadap pasien kritis.

Untuk memberi wawasan itu, pada Sabtu (11/8/2018) siang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) melaksanakan seminar bertema Penatalaksanaan Terapi Cairan Pada Pasien Syok, seminar ini diikuti sekitar 250 peserta para perawat dari Karawang, Bekasi, Purwakarta dan Subang.

Dijelaskan ketua panitia seminar, Ilham Suryana, deteksi cairan pada tubuh pasien sangat penting diketahui perawat, sebab tidak cukup jika hanya memeriksa pasien dari tekanan darah rendah melalui nadi. 

"Keilmuan perawatan soal observasi tak hanya suhu dan nadi, tetapi penting mendeteksi paru-parunya," kata kepala ruangan intermedit RSUD ini.

Selain itu, melalui seminar ini, pihaknya ingin menerapkan akriding keilmuan, untuk menambah wawasan perawat rumah sakit dan Puskesmas. Jika keilmuan perawat sudah bagus, akan mendongkrak kualitas pelayanan di tempat mereka bekerja.

Tak hanya mendapat keilmuannya, peserta seminar ini akan mendapat Satuan Kredit Partisipasi (SKP), juga menjadikan perawat yang berkompetisi, untuk pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

"Keilmuan (di kedokteran, red) terus berkembang, kalau kita tidak mengikuti, pasti bakal ketinggalan," jelasnya.

Direktur RSUD Karawang, Dr. Asep Hidayat Lukman mengatakan, RSUD yang terakreditasi ini mutlak punya perawat yang berkompetensi, diantaranya tentang penanganan cairan pada pasien, sebab cairan yang stabil akan mampu melawan penyakitnya.

"Kalau cairannya terganggu, maka proses sirkulasi tubuh terganggu dan ini membahayakan pasien, makanya perawat harus paham soal ini," kata dia. 

Pada seminar itu, hadir juga Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) yang memberi motivasi kepada perawat agar lebih mengoptimalkan pengabdiannya kepada masyarakat. Dia juga apresiasi kepada RSUD yang sudah semakin baik memenej pelayanan, sehingga menjadi rumah sakit terbaik. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -