Perahu Satpolair Disulap Jadi Perpustakaan

KARAWANG, KarawangNews.com - Satpolair Polres Karawang membangun perpustakaan terapung menggunakan dua kapal patroli, jumlah koleksi bukunya mencapai 4.000 buku pelajaran sekolah hingga komik.

Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi, saat memantau perpustakaan ini, Rabu (25/10/2017) di perairan Tempuran, Karawang menjelaskan, perpustakaan yang diberi nama Kapal Pintar ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya yang bermukim di pesisir pantai utara Karawang.

Dua kapal patroli ini didesain menjadi perpustakaan minimalis, dengan susunan buku-buku pada rak yang tertata rapih.

Dibangunnya perpustakaan terapung ini, kata Ade, merupakan bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat pesisir pantai Karawang. Pesisir ini diketahui memiliki panjang 86 Km dengan ribuan warga yang berprofesi sebagai nelayan.

Ide membangun perpustakaan terapung ini setelah melihat banyak anak-anak nelayan yang putus sekolah, karena harus membantu orangtua merek melaut.

Dari kondisi ini, Satpolair Polres Karawang mendesain dua kapal patrolinya untuk dijadikan perpustakaan. Koleksi buku-bukunya merupakan sumbangan dari warga dan Pemkab Karawang.

"Setiap hari perpustakaan ini keliling ke dermaga atau Tempat Pelelangan Ikan (TPI), ini dilakukan bersamaan dengan jam patroli pengawasan perairan laut utara Karawang," kata Ade.

Dia berharap, dengan adanya perpustakaan terapung ini anak-anak nelayan yang putus sekolah bisa tetap belajar dan memperoleh ilmu dari hasil bacaannya. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -