PAUD Al Firdaus Sosialisasi Cegah Kekerasan Anak

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karawang mensosialisasikan pencegahan tindak kekerasan pada anak ke sejumlah wali murid PAUD Al Firdaus di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Selasa (17/10/2017) siang.

Kepala PAUD Al Firdaus, Siti Marini mengatakan, pihaknya mengundang dinas tersebut pada kegiatan 'parenting' yang rutin dilaksanakan lembaganya ini. Meski belum ada kasus kekerasan terhadap anak, Siti Marini berharap paparan terkait pencegahan tindak kekerasan pada anak ini bisa menambah wawasan bagi orangtua agar mengetahui dampak bahaya bersikap keras kepada anak.

Diakuinya, sosialisasi ini tak harus menunggu kejadian kekerasan orangtua terhadap anak, tetapi lebih kepada pencegahan agar hal buruk itu tidak terjadi. Pencegahan ini dimaksudkan agar tumbuh kembang anak di usia keemasannya ini bisa menjadi baik.

"Kita juga membina orangtua murid agar memiliki keterampilan dan pengetahuan usaha melalui Kelompok Usaha dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (KUPEK), itu bersinergi dengan PKBM Assolahiyah," kata Siti Marini.

Sementara itu, Kasi Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karawang, Drs. Syarif Hidayat dalam paparannya mengatakan, kekerasan terhadap anak terbagi tiga kriteria, yaitu fisik, emosional dan seksual. Kekerasan fisik seperti dipukul, dicekik atau diancam dengan senjata tajam.

Kemudian emosional, seperti merendahkan, menghina, tidak disayangi, juga tidak pernah diharapkan kelahirannya. Selain itu kekerasan seksual, seperti pelecehan seksual atau hubungan seksual dengan paksaan fisik.

"Jika ini dialami oleh anak, maka ini akan membekas hingga dewasa. Semakin orangtua menjaga, maka semakin jauh dari kekerasan, karena hanya kita yang bisa, untuk menyelamatkan generasi emas," ucapnya.

Masih di tempat sama, Kepala Desa Muktijaya, Sawa Isyirot mengungkapkan, PAUD Al Firdaus telah banyak berkontribusi kepada masyarakat di desanya. Dia berharap, tenaga pengajar di lembaga pendidikan ini bisa lebih profesional lagi untuk mencerdaskan anak-anak sekitar.

Tak hanya itu, dia juga apresiasi kepada pengelola PAUD yang memiliki program 'parenting' bagi orangtua murid, ini akan menambah nilai lebih untuk mengembangkan wawasan dan ekonomi masyarakatnya. Diakuinya, pihak desa akan selalu siap membantu kebutuhan infrastruktur PAUD Al Firdaus ini.

"Kita sudah anggarkan untuk membantu membangun fasilitas PAUD ini, saya harap lembaga ini bisa dikelola lebih bagus lagi kedepannya," jelasnya.

Kegiatan sosialisasi pencegahan tindak kekerasan pada anak dan program pemberdayaan perempuan/keluarga ini dihadiri juga Pertamina EP Field Subang dan UPTD PAUD/SD Cilamaya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -