Disiplin dan Kepemimpinan Modal Dasar MPLS

KARAWANG, KarawangNews.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa baru SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia Karawang dibekali 'leadership' dan disiplin oleh sekolah. Pembekalan kepada siswa baru ini dilaksanakan seminggu, memperkenalkan lingkungan sekolah dan kegiatan yang akan mereka ikuti selama mengenyam pendidikan di sekolah ini.

Kepala SMK Ristek, Darsono Sumedi, Rabu (19/7/2017) menyampaikan, saat ini sekolah melakukan pembinaan agar siswa baru memperoleh wawasan lingkungan sekolah, terutama mengenai etika dan disiplin. Kata dia, pihaknya terus menggodok siswanya agar memiliki etika-disiplin yang tinggi, sebab saat ini banyak remaja yang tidak saling menghargai teman dan orangtuanya.

"Saya tekankan, agar orangtua menerapkan etika di rumahnya, sebab kita tidak bisa penuh mengajarkan siswa di sekolah," jelasnya.

Tak hanya itu, etika disiplin pun berpengaruh kepada etos kerja, sehingga para calon tenaga kerja industri lulusan sekolah ini harus bisa menerapkan keduanya, sebagai bekal dasar mereka, selain ilmu pengetahuan.

Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo mengatakan, MPLS sudah ada panduannya dari Dinas Pendidikan, sekolahnya hanya menambahkan supaya lebih kaya materi dan kegiatan, agar siswa baru tahu muatan plus-nya selama dia belajar di sekolah ini.

"Banyak masyarakat menganggap pemimpin sering diartikan kekuasaan semata, kita cerahkan, kepemimpinan itu bisa dimiliki dan ditumbuhkan oleh siapapun, sehingga siswa bisa berkembang membangun diri dan bangsanya," kata Bambang. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -