Menteri Resmikan Gerai Pertama Tomikomart di Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meresmikan gerai pertama Toko Milik Koperasi atau Tomikomart di Telukjambe, Karawang, Sabtu (13/5/2017) siang.

Tomikomart adalah gerai milik PT Tomiko Mandiri Indonesia (TMI) yang merupakan perusahaan bentukan Konsorsium Usaha Koperasi Karawang (KUKK). Peluncuran gerai pertama Tomikomart ini merupakan percontohan minimarket milik koperasi di Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, I Wayan Dipta menjelaskan, jika melihat retail Alfamart dan Indomaret, pertahunnya mencapai Rp 216 triliun. Tahun 2016 tercatat, kedua gerai itu jumlahnya sebanyak 25 ribu di Indonesia.

Untuk itu, jika sedikitnya 20 persen atau 30.000 koperasi dari jumlah seluruhnya 154.000 koperasi di Indonesia punya toko seperti Tomikomart ini, maka potensinya akan sangat dahsyat. 

Jika dihitung transaksi Rp 500 ribu per bulan dikali 30.000 koperasi se-Indonesia, terhitung pendapatan Tomikomart Rp 150 miliar per bulan, jika dikali 12 bulan terhitung pendapatannya mencapai Rp 180 triliun per tahun.

"Makanya menteri sangat senang Tomiko ini membuat holding, yang menjembatani koperasi-koperasi di Karawang, bahkan di Indonesia kedepannya," jelasnya.

Dengan begitu, Tomikomart ini akan terus melakukan perbaikan pelayanan, tak hanya bagi anggota koperasi, tetapi bagi masyarakat umum yang berbelanja ke Tomikomart.

"Jika 30.000 koperasi ini mendirikan Tomikomart, maka kekuatannya akan dahsyat, karena mereka (anggota koperasi, red) beli di tokonya sendiri," ungkapnya.

Di tempat sama, Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang, H. Warman SE menjelaskan, peresmian gerai Tomikomart pertama di Karawang ini menandakan, kebersamaan gerakan koperasi di Karawang ini didukung pemerintah.

"Gerakan koperasi di Karawang sangat apresiasi terhadap pemerintah daerah dan menteri, dalam moment khusus ini gerakan koperasi Karawang lebih geregetan lagi terhadap koperasi," ujarnya.

Kata dia, menteri telah menyatakan ini percontohan dan akan dikembangkan ke tempat lain,  tahun ini Karawang mentargetkan membuka 20 gerai Tomikomart dari berbagai koperasi.  

"Kita melayani anggota, tetapi masyarakat umum bisa belanja di Tomikomart," kata Warman.

Pada peresmian ini, hadir Bupati Karawang, Drs. Cellica Nurrachadiana, Direksi beserta komisaris PT TMI dan Dekopinda Karawang, Dirut PT TMI, Ihin Solihin, Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso, kemudian Duta Koperasi, Dedi Gumelar (Miing). (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -