Jalan Sedari Diperbaiki, Pertamina Menyumbang Rp 14 M

KARAWANG, KarawangNews.com - Akhirnya, jalan sepanjang 8,5 km penghubung Desa Srikamulyan dan Desa Sedari di Kecamatan Cibuaya diperbaiki, kini bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Perbaikan ini didanai APBD Karawang juga dibantu Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina sepanjang 2,4 km jalan, Pertamina juga membangun dua jembatan utama.

Dana yang dihabiskan PT Pertamina untuk 2,4 km jalan dan dua jembatan itu sebesar Rp 14 miliyar, jalan dan jembatan ini sudah rampung dibeton, sedangkan perbaikan jalan yang dikerjakan pemerintah belum selesai, masih berupa tanah dan batu. Pembagian perbaikan jalan ini hasil pembahasan DPRD Karawang sejak tahun 2013 lalu. Selain Pemkab Karawang, PT Pertamina diwajibkan andil dalam perbaikan jalan tersebut.

Pada Kamis (16/2/2017) siang, jalan dan jembatan yang sudah diselesaikan CSR PT Pertamina ini diresmikan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, bersama unsur Muspika Cibuaya dan Muspida Karawang.

VP Operation PHE ONWJ, Amrullah Muiz menyatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Desa Sedari merupakan bentuk program CSR dari PHE (Pertamina Hulu Energi) ONWJ (Offshor North West Java) yang bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat Desa Sedari hingga menjadi desa mandiri dan sejahtera. 

Perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan sudah lama diimpikan masyarakat Desa Sedari yang mayoritas penduduknya adalah nelayan dan petambak ikan, karena sebelumnya warga Desa Sedari masih memanfaatkan sungai sebagai sarana transportasi sehari-hari. Dengan jalan beton ini, warga tak lagi kesulitan menggunakan transportasi darat.

"Perbaikan jalan ini bisa mengubah roda perekonomian masyarakat setempat, proyek ini terwujud dalam proses yang panjang," kata dia.

Diakuinya, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ini terwujud dari kesepakatan bersama antara Pertamina dengan Pemkab Karawang dan masyarakat Desa Sedari, terlebih desa merupakan wilayah operasional PHE.

Diketahui, PHE beroperasi di wilayah Laut Jawa, seperti di Karawang, Subang dan Indramayu, di Karawang wilayah operasi PHE berada di dekat Desa Sedari. Dukungan masyarakat Desa Sedari kepada PHE sangat positif sehingga operasional PHE berkembang dengan baik. 

"Selama ini kita merasa terbantu, sehingga kita juga harus peduli dengan warga sekitar kita," kata Amrullah.

Bupati Karawang mengapresiasi bantuan infrastruktur dari Pertamina di Desa Sedari, bantuan ini tak hanya berarti bagi masyarakat setempat, juga bagi pemerintah, karena keterbatasan anggaran memperbaiki seluruh infrastruktur jalan dan jembatan se-kabupaten.

"Peran Pemkab Karawang hanya sebagai fasilitator untuk mendorong kegiatan sosial PHE tepat sasaran. Saya harap kerjasama ini bisa dilanjutkan terus demi kemakmuran masyarakat Karawang," kata Cellica.

Di acara peresmian ini, bupati dan pihak Pertamina menandatangani prasasti peresmian jalan dan jembatan tersebut, disaksikan ratusan warga setempat. Sebelumnya, kedatangan pejabat ke desa ini disambut warga dan bupati sempat naik sisingaan menyusuri jalan tersebut sejauh 100 meter.

Sebelumnya, jalan antara Desa Srikamulyan dan Desa Sedari ini rusak parah, tak bisa dilalui semua kendaraan, termasuk sepeda gowes jika berlumpur diguyur hujan. Sehingga, warga Sedari terisolir dan terpaksa menggunakan perahu sewa menuju Srikamulyan, dengan menyusuri sungai yang bersebelahan dengan jalan tersebut. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -