• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pupuk Kujang Bangun Taman Ekologi, Berusaha Kurangi Beban Sampah di Karawang

    Minggu, 09 Juni 2024


    KarawangNews.com– Pupuk Kujang Cikampek meresmikan taman ekologis terpadu di Perumahan Pagadungan, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. 


    Melalui program Kembangkan Eco Edukasi untuk Pagadungan Berseri (Kasturi), taman ekologis tersebut diharapkan bisa menjadi ruang publik serbaguna yang banyak manfaat untuk masyarakat.


    Hadir dalam peresmian tersebut, seluruh perwakilan entitas PT Pupuk Indonesia (Persero). Jajaran direksi dari PIHC group turut menanam pohon untuk lebih menghijaukan taman itu. 


    Selain rimbun aneka jenis tanaman, di taman seluas 1 hektare itu juga terdapat taman hidroponik dan berbagai fasilitas olah raga seperti sepeda statis, area permainan anak hingga lapangan tenis.


    Selain beragam infrastruktur tersebut, ujar Kasmadi, taman eco edukasi itu dilengkapi dengan kolam ikan, pembangkit listrik tenaga surya, hingga IPAL dan berbagai tempat kuliner. 


    VP K3LH Pupuk Kujang, Kasmadi menuturkan, di taman tersebut, dibangun juga berbagai peranti untuk menangani sampah dan limbah rumah tangga menjadi aneka produk bermanfaat, seperti mesin komposter.


    Kata dia, masyarakat juga diajak dan diberi pelatihan mengolah sampah rumah tangga menggunakan berbagai alat sederhana.


    "Seperti smart composter dari drum bekas, metode ember tumpuk, lubang biopori, hingga bata terawang,” ujar Kasmadi, saat ditemui setelah peresmian, Minggu (9/6/2024).

     

    Berbagai peranti tersebut bisa mengubah sisa makanan menjadi aneka produk seperti pupuk organik, obat luka bakar, obat gatal, pengharum ruangan, hingga classic enzim bahkan hand sanitizer.


    Pakar pengelolaan sampah organik, Hendro Wibowo mengatakan, taman ekologi terpadu ini sudah memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. 


    Bahkan tidak banyak lingkungan pemukiman yang memiliki fasilitas semacam itu.


    Kata dia, sejauh ini secara infrastruktur sarana prasarana sudah cukup, tinggal bagaimana partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini. 


    "Saya kira sayang juga kalau fasilitas lengkap yang tidak semua perumahan memilikinya ini kemudian tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata Hendro, saat memberikan pelatihan pengelolaan sampah organik kepada warga.


    Dengan berbagai fasilitas pengelolaan sampah di taman ekologi tersebut, ujar Hendro, perumahan Pagadungan berpotensi menjadi pilot project penanganan sampah organik berbasis lingkungan. 


    “Dengan fasilitas yang lengkap ini, diharapkan masyarakat semakin bisa memanfaatkan limbah dan sampah rumah tangga menjadi beragam produk bermanfaat,” ujar Hendro.


    Setelah fasilitas lengkap dan berbagai pelatihan dilakukan, diharapkan warga Perumahan Pagadungan tidak lagi mengeluarkan sampah yang tidak bermanfaat dari rumahnya. 


    “Jika sudah bisa seperti itu dan diikuti banyak warga Karawang, bisa makin mengurangi volume sampah dan beban sampah daerah,” ucapnya. (hl/KP)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru