• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinkop Gelar Opening Ceremony UMKM Naik Kelas Karawang 2024

    Senin, 27 Mei 2024


    KarawangNews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) mengadakan Opening Ceremony UMKM Naik Kelas Karawang 2024.


    Kegiatan tersebut diikuti 120 UMKM dari 6 wilayah se-Kabupaten Karawang, diselenggarakan di Aula Husni Hamid perkantoran Pemda Karawang berlangsung sukses dan lancar.


    Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Dindin Rachmady mengatakan, kegiatan UMKM Naik Kelas ini merupakan program pemerintah melalui Dinkop dan UKM Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemda Karawang melakukan pendampingan UMKM tujuannya adalah pelaku usaha naik kelas dengan melakukan perubahan mindset.


    "Kegiatan UMKM naik kelas untuk mendorong kualitas dan peningkatan perubahan mindset para pelaku usaha yang didampingi 7 orang pendamping dari 6 wilayah (dapil) dalam satu dapil ada 20 orang UMKM," terang Dindin Rachmady, Senin (27/5/2024).


    Lanjut Dindin mengatakan, indikator dari UMKM naik kelas tersebut terdiri dari penguatan diri dalam mindset (Kerangka berpikir_red), manajemen usaha bisnis, pemanfaatan teknologi, akses pasar melalui optimalisasi market flash, fasilitasi akses pembiayaan, dan ada fasilitasi legalitas baik merk maupun label halal.


    "Inikan indikatornya ada terdiri peningkatan omset, aset dan wirausaha, selain itu pemerintah daerah melalui Dinkop juga membantu layanan dan memfasilitasi produk UMKM tersebut seperti PIRT, merk dan label halal secara gratis, " paparnya.



    Menurutnya, ini adalah salah satu bentuk kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Jabar dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang satu bagian yang tidak terpisahkan.


    "Koordinator daerah (Korda) Kabupaten Karawang menjadi kompor (Penggerak) ada beberapa kegiatan yang diprakarsainya. 'Alhamdulillah di Provinsi Jawa Barat sangat antusias," ungkapnya.


    Disebutkannya, setiap tahun ada program UMKM naik kelas yang dilakukan pendampingan selama 8 bulan, dengan proses bertahap bertingkat dan berlanjut. Ada tahapannya. "Artinya apa yang sudah selesai, kita coba monitoring jangan sampai terpuruk lagi," ucapnya.


    Dikatakannya, sehingga dengan adanya pendamping ini mereka terus terdampingi, karena mereka melaporkan kegiatannya tersebut ke tingkat provinsi, ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat.



    "Dengan Program UMKM naik kelas, UKM-UKM atau pelaku usaha di daerah dapat dimajukan dengan kolaborasi ini sangat bagus sekali, karena dapat meningkatkan perubahan mindset UMKM," ujarnya. [Sukarya]





    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru