• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Caleg NasDem Teh Dian Ikut Meriahkan Nadran Laut Bersama Nelayan

    Senin, 02 Oktober 2023


    KarawangNews.com - Calon legislatif (caleg) Partai NasDem nomor urut 3 daerah pemilihan (dapil) 3 Kabupaten Karawang, Dian Salwirani ikut menyemarakan nadran laut di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Minggu (1/10/2023) siang.


    "Kami akan terus melestarikan budaya ini sebagai kekayaan tradisi nusantara, khususnya bagi masyarakat pesisir," kata Teh Dian, panggilan akrab Dian Salwirani.


    NasDem, sambung dia, memiliki beragam program untuk mengembangkan dan memberdayakan teman-teman nelayan.



    Kata Teh Dian, masalah yang sering dihadapi nelayan ialah cuaca buruk, sehingga nelayan sulit melaut. Juga sedimentasi muara yang dangkal.


    "Kami, NasDem, siap hadir menjadi solusi kongkrit dalam menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut," ucapnya.


    Di hari nandran laut ini, ratusan kapal nelayan serempak menjauhi daratan menuju lepas pantai. 


    Kapal-kapal nelayan dihiasai dengan membawa hasil bumi berupa buah-buahan hingga kepala kerbau untuk dilarung dalam kegiatan nadran laut ini.


    Ketua Panitia Nadran Laut Sungaibuntu, Maman mengatakan, ini merupakan upacara tradisional sedekah laut, nadran berasal dari bahasa Arab , yaitu nadar yang artinya syukuran. 


    "Maksud diselenggarakannya upacara nadran sebagai ungkapan rasa syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil ikan yang diperoleh nelayan dan memohon agar di masa yang akan datang dapat menghasilkan lebih banyak lagi," kata dia.


    Selain itu, untuk menghormati leluhur yang dianggap sebagai cikal bakal adanya ikan di laut yaitu Bedug Basu, dianggap sebagai tokoh yang dipercaya masyarakat Sungaibuntu sebagai cikal bakal adanya ikan.


    "Kami nelayan Sungaibuntu sangat menghormati tradisi turun temurun dari leluhur. Nadran laut akan terus lestari di kalangan nelayan sebagai bentuk rasa syukur kami atas rahmat dan karunia Allah SWT, kita berbagi rejeki dengan ikan-ikan di laut," ucapnya.

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru