• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Warga Dawuan Takut Kebakaran, PT Pertamina Akan Ukur Ulang Buffer Zone

    Jumat, 31 Maret 2023

     



    Suhara Iskandar Ketua BPD Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

    KarawangNews.com - Beberapa Kejadian kebakaran kuranglebih 6 kejadian Kilang minyak Pertamina dan Depo terminal BBM ludes dilalap api.


    Hal tersebut membuat ciut nyali warga Bakanbogor, yang posisi rumahnya dekat dengan zona Depo Fuel Terminal BBM Cikampek, di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.


    "Pihak Pertamina akan melakukan pengukuran ulang terkait terpenuhi tidaknya Buffer zone (daerah penyangga:red) yang dekat dengan permukiman warga," kata Suhara Iskandar Ketua BPD Desa Dawuan Barat, Jumat (31/3/2023).


    Masih dikatakan Suhara Iskandar, mengutip dari Menteri BUMN Erick Thohir,


    "Buffer zone kalau untuk perluasan hanya 50 Meter, untuk standarisasi internasional  menurut Erick Thohir itu paling tidak 500 Meter," papar Suhara. 


    Foto dari Google Map. 

    Suhara Iskandar berharap, ada titik temu dari pertemuan tadi antara 15 orang perwakilan masyarakat Kampung Bakanbogor didampingi aparatur desa dan tokoh masyarakat dilokasi bersama Tim Kepala  terminal Fuel BBM Cikampek.


    "Hasil pertemuan ini akan dinaikan ke atas, kami harap seharusnya  yang dihadirkan tadi itu ada pihak sebagai penentu keputusan, dan akhirnya sekarang kita menunggu lagi setelah lebaran untuk kelanjutannya," tandas Suhara Iskandar.



    Ditimpali oleh Dede Haruman Ketua Tim 15 perwakilan masyarakat mengatakan,"Sebenarnya saat ini belum menerima jawaban - jawaban dari Pertamina yang buat kami puas,"katanya. 


    "Kami punya tanggung jawab ke warga untuk menjelaskan keputusan mereka hari ini belum ada kesepakatan," ujar Dede Haruman. 


    Dihimpun dari berbagai sumber diketahui masyarakat indonesia, Kilang Minyak dan Depo Terminal BBM Pertamina yang sudah terjadi kebakaran diantaranya. 


    1. Kilang Minyak Balongan : kebakaran    pada Tanggal 13 Maret 2021.

    2. Kilang Minyak Cilacap    : kebakaran pada Tanggal 13 November 2021.

    3. Kilang Minyak Cilacap : Kebakaran pada Tanggal 11 Juni 2021.

    4. Kilang Minyak Balik Papan : Kebakaran pada Tanggal 15 Mei 2022.

    5. Kilang Minyak Balik Papan : Kebakaran pada Tanggal 4 Maret 2022.

    6. Depo Terminal BBM Plumpang : Kebakaran pada Tanggal 3 Maret 2023.


    Dalam pantauan awak media, Kepala dan staf juga keamanan Depo Fuel Terminal BBM Cikampek, cenderung tertutup tidak memberikan ijin meliput kepada jurnalis, ketika ada pertemuan dua belah pihak terkait informasi hak keselamatan warga masyarakat, Kampung Bakanbogor, Desa Dawuan Barat.(Sukarya).


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +