• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Maluku For Karawang, Silaturahmi Lintas Generasi di Penghujung Tahun 2022

    Senin, 02 Januari 2023


    KarawangNews.com - Maluku kaya dengan budaya dan adat istiadat mulai dari alat musik, bahasa, tarian, pakaian tradisional hingga kuliner tradisional khas.

    Beragam adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lain ini masih dijalani oleh masyarakat Maluku yang tinggal dan tumbuh berkembang di perantauan, khususnya Karawang.

    Di penghujung tahun 2022, pada Jum'at (30/12/2022) kemarin. Masyarakat Maluku yang berdomisili di Kabupaten Karawang dari berbagai generasi, mengadakan silaturahmi akbar bertema 'Maluku For Karawang' yang dihadiri hampir 1.000-an orang.

    Inisiator 'Maluku For Karawang' Gabriel Alexader mengatakan, sesuai data yang terkumpul di panitia, per hari ini jumlah masyarakat maluku di Kabupaten Karawang kurang lebih ada sekitar 730-an KK (Kartu Keluarga).

    Lebih lanjut, Gabriel menegaskan, kegiatan ini pun bisa terlaksana murni atas dasar gotong royong dan iuran dari masyarakat Maluku di Karawang yang ingin saling bersilaturahmi antar warga setelah sebelumnya absen 2 tahun kebelakang dikarenakan pandemi.

    "Acara ini, murni iuran tanpa bantuan APBD. Kita berharap kedepannya, dengan hadirnya Kadisbudpar, ini menjadi kegiatan rutin tahunan, bisa disupport oleh pemerintah dan masuk ke dalam kalender event Kabupaten Karawang," ujar Gabriel.

    Menurut Gabriel, dari berbagai profesi dan lapangan pekerjaan yang ada, sudah banyak masyarakat Maluku di Karawang yang memberikan kontribusi signifikan dan prestasi luar biasa bagi Kabupaten Karawang.

    "Jika ada ungkapan, kami berdarah-darah di lapangan. Masyarakat Maluku hari ini, telah puluhan tahun membuktikan. Kita berdarah-darah di atas ring tinju, membawa dan mengharumkan nama Karawang di pentas nasional," tandas Gabriel berapi-api.

    Sementara, Tetua Masyarakat Maluku di Karawang yang juga Pelatih Tinju Nasional Yosef Souisa, berterimakasih atas diselenggarakan kembali kegiatan ini setelah sekian lama absen. 

    Dikatakan Yosef, dengan adanya acara seperti ini di penghujung tahun, selain bisa mempererat tali silaturahmi, juga memperkuat ikatan persaudaraan antar masyarakat, terutama keluarga besar warga Maluku di Kabupaten Karawang.

    "Dulu sebelum covid, kita berhalangan hadir karena mendampingi atlet tinju ke ternate. Sekarang syukur akhirnya bisa hadir, terimakasih," tutup Yosef. [Yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru