• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Titipkan Produk UKM Kamu di Pusat Oleh-oleh Karawang

    Senin, 04 April 2022


    KarawangNews.com - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang menyediakan produk UMKM asli buatan warga Karawang untuk bisa dibeli di Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM.

    Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM pada Dinkop UKM Kabupaten Karawang, H. Agus Jaelani, SH, M.Si, mengatakan, bagi pelaku UMKM di Kabupaten Karawang bisa menitipkan produknya di Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM.

    "Galeri yang ada di Dinkop UKM Kabupaten Karawang itu terbuka untuk umum, semua UKM yang ada di Kabupaten Karawang bisa menitipkan produknya asalkan kemasan sudah bagus dan legalitas produknya sudah ditempuh. Artinya PIRT-nya, halalnya sudah tercantum di pinggiran kemasan dan juga masa kedaluwarsanya harus dicantumkan," ujarnya ketika ditemui di Kantor Dinkop UKM Kabupaten Karawang, Jumat (1/4/2022).

    "Jadi sebagai informasi, untuk ditaruh di Alfa atau Indomaret minimal bertahan itu kan 6 bulan, kalau di kita masih bisa jika bertahan 3 bulan. Sifatnya jika masa kedaluwarsanya itu habis maka harus ditukar atau diretur 10 hari menjelang habis masa kedaluwarsanya," tambahnya.

    Dikatakan dia, sebanyak hampir 200 produk UMKM masyarakat Karawang tersedia di Galeri Pusat Oleh-oleh UMKM yang berada di Kantor Dinkop UKM Kabupaten Karawang di Jalan Kertabumi, Nomor 31, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat.

    "Di sini kurang lebih sudah ada 200 produk yang ada di galeri, jadi kita di sini pun ada gudang dengan isinya produk yang sama. Jadi setegah produk ada di galeri dan setengahnya ada di gudang, ketika di galeri laku terjual kita akan ambil dari gudang," tuturnya.

    Pada tahun ini, lanjut dia, pihaknya membuka fasilitas sertifikat halal untuk UMKM Karawang yang ingin dibantu dengan datang langsung ke Kantor Dinkop UKM Kabupaten Karawang.

    "Tahun 2021 Alhamdulillah sudah ada 120 sertifikat halal tercetak yang dibantu oleh kami," jelasnya.

    Untuk tahun ini Dinkop UKM membuka lagi agar UKM di Kabupaten Karawang bisa terus meningkat. Jadi ada masyarakat yang memiliki produk UKM bisa ke kantor dinas jika ingin dibantu, termasyk packaging pun dan pelatihan.

    "Jadi Dinkop UKM itu mendukung semua UKM di Kabupaten Karawang berjalan lancar dan tidak ada hambatan," kata dia.
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +