• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Potret Buram Pendidikan, Sekolah di Karawang Masih Marak Lakukan Pungli

    Kamis, 06 Januari 2022


    KarawangNews.com, KARAWANG - Maraknya dugaan berbagai pungutan liar (pungli) di sekolah-sekolah, baik tingkat atas, menengah ataupun dasar menjadi salah satu potret buram dunia pendidikan di Karawang. Ditengah pandemi covid, dengan dalih biaya ijazah dan biaya untuk perpisahan, salah satu sekolah negeri di Karawang Utara, membebankan biaya tersebut kepada para wali murid (orangtua siswa).

    Pengakuan wali murid yang enggan disebutkan namanya, anaknya kini menempuh kelas IX di sekolah tersebut. Belum lama ini, Ia mengatakan dimintai biaya sebesar 800 ribu untuk ijazah dan 250 ribu untuk perpisahan.

    Namun, karena keterbatasan biaya dimana dirinya yang hanya seorang buruh harian dan ayah siswa tersebut sedang tidak bekerja, sehingga untuk biaya tersebut dirinya menunggak pembayaran.

    "Yang lain mah katanya pada sudah, kita mah belum. Belumnya karena bayarannya nyicil, bayar pas punya uangnya," ujarnya.

    Kepala sekolah tersebut, OR saat dikonfirmasi awak media, Rabu (05/01/2022) terkait permasalahan diatas, menerangkan biaya untuk Penulisan ijazah memang tidak dianggarkan dari bantuan operasional sekolah (BOS). Oleh karenanya, pihak sekolah berinisiatif meminta uang kepada orangtua siswa dengan dalih kesepakatan komite sekolah.


    Lebih lanjut, ia menjelaskan ada beberapa macam yang tidak ditanggung oleh pihak sekolah melalui anggaran BOS seperti sampul ijazah, penulisan ijazah, foto dan biaya perpisahan

    "Ada sampul ijazah, ada penulisan ijazah, untuk foto itu kan tidak dianggarkan dari BOS," katanya di ruangan kerjanya.

    Lanjutnya, saat disinggung soal biaya perpisahan, Diapun menjelaskan bahwa kegiatan tersebut belum tentu dilaksanakan tergantung situasi dan kondisi.

    Sedangkan, soal uang yang diminta kepada orang tua siswa sebagai biaya perpisahan tentunya akan dikembalikan bila tidak ada kegiatan.

    "Adapun masalah uang, ya kita lihat saja sampai akhir nanti kalau tidak ada kegiatan kami kembalikan ke orang tua siswa," dalihnya. [yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +