• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kapal FSRU Jawa Satu Terima Kargo LNG Perdana

    Selasa, 20 April 2021


    JAKARTA, KarawangNews.com - Progres konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 semakin mendekati tahapan commisioning. Ini ditandai dengan Kapal Unit Penyimpanan dan Regasifikasi Terapung atau Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa-1 menerima transfer perdana gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dari Kapal LNG Carrier Tangguh Towuti. 

    Direktur Utama PT Jawa Satu Regas (JSR), Indra Trigha menjelaskan proses transfer LNG dari kapal LNG Carrier ke kapal FSRU saat ini tengah berlangsung.

    "Tepatnya sejak kemarin sore, proses transfer ini sudah dimulai dan rencananya berlangsung hingga Rabu dinihari nanti," kata Indra dalam keterangan pers nya, Selasa (20/4/2021). 

    Kapal pengangkut LNG Tangguh Towuti ini merapat di Terminal Khusus PT Jawa Satu Power yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Senin pagi (19/4) kemarin. Kapal ini memiliki kapasitas mengangkut LNG sebanyak 145.000 m³. Indra menambahkan, sesuai time schedule, proses commisioning PLTGU Jawa-1 akan dilakukan pada Mei nanti. 

    "Untuk commisioning nanti, kami memerlukan empat kargo LNG. Jadi, masih tersisa tiga kargo yang akan dikirim," ujar Indra.

    Sementara itu VP Indonesia BP Berau Ltd,
    Hardi Hanafiah mengatakan Tangguh LNG sangat bangga melalui kargo LNG perdana ini, ia dan segenap jajaran dapat mendukung kegiatan commisioning PLTGU Jawa-1. 

    "Terima kasih kepada pihak PT Jawa Satu Power atas kerja samanya, kami harap hubungan yang baik ini dapat terus berlangsung ke depannya," terang Indra.

    Kapal FSRU ini memiliki arti penting dalam operasional PLTGU Jawa-1. Keberadaan kapal ini menjadi fasilitas pendukung utama yang langsung terintegrasi dengan PLTGU Jawa-1. 

    Kapal ini menyediakan fasilitas penyimpanan dan regasifikasi terapung yang menjadi bahan bakar turbin pembangkit listrik. Selanjutnya, gas dikirim melalui pipa sepanjang 21 kilometer ke fasilitas pembangkit untuk menghasilkan listrik.

    Kapal FSRU ini memiliki kapasitas kargo penyimpanan gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) sebesar 170.150 m3 dengan kapasitas unit regasifikasi 300 juta kaki kubik standar per hari (MMSCFD). Di dalamnya terdapat empat train unit vaporizer regasifikasi masing-masing berkapasitas 100 MMSCFD yang dapat meregasifikasi LNG secara terus menerus.

    PLTGU Jawa-1 adalah pembangkit listrik bertenaga gas dengan turbin ganda (CCGT, Combined Cycle Gas Turbin) berkapasitas 1.760 MW. Proyek ini berlokasi di desa Cilamaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

    Proyek ini mengintegrasikan fasilitas gas dengan pembangkit listrik yang terdiri dari PLTGU 1.760 MW, FSRU, pipa gas antara PLTGU dengan FSRU, dan jalur transmisi yang menyambungkan PLTGU dengan titik interkoneksi. LNG yang dipasok oleh PLN akan diterima dan diregasifikasi di unit FSRU dan selanjutnya dialirkan dalam bentuk gas ke unit PLTGU Jawa-1 melalui pipa gas offshore dan onshore. [yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +