Udang Rebon Wajib Jadi Oleh-oleh Karawang

Penulis: 
Ana Fitriana P. S.I.Kom., M.I.Kom dan Fardiah O. Lubis, S.Si., MA
Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

DESA TANJUNGPAKIS adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berbatasan dengan Bekasi, berjarak kurang lebih 70 Km dari Karawang kota. Dengan kata lain desa ini cukup jauh dari pusat perkotaan.

Namun Tanjung Pakis memiliki pesona alam pantai yang menjadi kekayaan alam kota Karawang. Selain itu terdapat juga potensi oleh-oleh unggulan Karawang, salah satunya adalah produk udang rebon.

Kurangnya pemahaman mengenai kemasan produk yang baik dan menarik bagi pelaku bisnis udang rebon di Desa Tanjung Pakis ini membuat mereka sulit mengembangkan bisnisnya.

Udang rebon yang dijajakan para pedagang dikemas dengan menggunakan kertas koran, atau kantung 'keresek', namun ada juga yang sudah menggunakan plastik kiloan dengan label yang sangat sederhana.

Karawang sebagai daerah yang sedang berkembang dengan posisi geografis yang strategis memiliki potensi besar dalam mengembangkan produk unggulan daerahnya menjadi oleh-oleh khas lokal yang berdaya saing di pasar nasional.

Akademisi melalui tridarma perguruan tinggi memiliki peluang besar dalam pemberdayaan masyarakat khususnya bidang ekonomi daerah.

Berbagai pendekatan kegiatan seperti pelatihan dan pendampingan melalui program pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan untuk mempromosikan kepada publik (konsumen) mengenai keberadaan produk udang rebon yang dijual dan beredar di pasaran agar menjadi produk oleh-oleh lokal Karawang.

Dukungan stakeholder dalam mendongkrak produk udang rebon dari desa Tanjung Pakis ini memerlukan perhatian dan dukungan yang lebih optimal lagi.

Akses permodalan, akses pemasaran, dan konsistensi dalam membina kelompok-kelompok UKM produk udang rebon diperlukan dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Tanjung Pakis khususnya UKM produk udang rebon sebagai produk oleh-oleh lokal Kabupaten Karawang.

Kegiatan tersebut nantinya bermanfaat memberikan pengetahuan, dan kemampuan dalam merumuskan atau merencanakan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) produk udang rebon sesuai dengan konsep komunikasi pemasaran.  (**)
iklan
BERIKAN KOMENTAR ()