• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jimmy: Keragaman di Indonesia Adalah Kekayaan Bangsa

    Rabu, 14 Desember 2016

    KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) menyampaikan, Indonesia adalah negara plural, keberagaman yang ada di Indonesia yang tak ternilai harganya adalah suatu kekayaan bangsa. Keberagaman yang jika terjaga dengan baik akan tampak seperti mozaik yang indah, tetapi jika sebaliknya maka segala bentuk perbedaan yang ada akan menjadi senjata yang bisa memecah belah bangsa Indonesia.

    Hal ini disampaikan Jimmy pada saat membuka seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang, Rabu (14/12/2016), acara ini dihadiri tokoh-tokoh lintas agama se-Kabupaten Karawang.

    Menurut Jimmy, pemerintah daerah maupun Kementerian Agama perlu meningkatkan kualitas kerukunan hidup umat beragama melalui pembinaan, monitoring dan evaluasi, sehingga sejak dini dapat diprediksi adanya potensi konflik di masyarakat.

    Kata dia, ide pluralisme dan Multikulturalisme juga perlu dipahami sebagai pemahaman untuk mengatasi persoalan ini. Definisi Pluralisme agama yang seringkali disalahpahami maknanya menjadi kontroversi bagi sebagian kalangan, hal ini disebabkan adanya pemaknaan sepihak mengenai definisi Pluralisme itu sendiri.

    "Pluralisme agama bukanlah bermaksud untuk menyamakan agama, namun hanya sebatas mutual respect (saling menghormati)," kata Jimmy.

    Dia berharap,  masyarakat bisa menerima segala bentuk perbedaan juga hidup berdampingan secara damai, nilai-nilai kemanusiaan akan lebih diutamakan dari pada mempertentangkan perbedaan ideologi atau perbedaan keyakinan.

    Masih kata Jimmy, toleransi antar sesama umat akan bernilai tinggi dan tidak akan mudah menghujat paham, karena pada substansinya semua agama mengajarkan tentang kebaikan dan moral universal.

    Keanekaragaman merupakan suatu khazanah bangsa Indonesia yang merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa dan yang terpenting adalah keutuhan serta kesatuan bangsa yang harus senantiasa terjaga agar bisa memaknai falsafah luhur Pancasila. (rls)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru