• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Warga Kertasari Ubah Eceng Gondok Jadi Bio Gas

    Sabtu, 15 Agustus 2009


    KARAWANG NEWS - Masyarakat Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok telah memanfaatkan eceng gondok sebagai bio gas sebagai bahan bakar memasak. Teori dan praktek membuat bio gas dari tumbuhan air ini diperkenalkan PT. PLN sebagai program pembinaan lingkungan untuk mengatasi masalah ekonomi masyarakat


    Alat yang digunakan untuk membuat bio gas ini sederhana, hanya butuh alat permentasi, yaitu dua buah drum 200 liter yang disambungkan dengan las secara horizontal untuk membentuk ruang permentasi. Kemudian pada kedua ujung drum yang telah disambung itu dipasang pipa sebagai lubang memasukan eceng gondok yang telah dicincang dan ditumbuk ditambah air. Di tengah drum itu dipasang kran tempat keluarnya gas dari dalam drum. Dan gas itu dihubungkan dengan bola plastik atau sejenisnya sebagai tempat penampungan sebelum disambung pada kompor masak.


    Eceng gondok yang ditumbuk tersebut hanya memerlukan waktu 3 sampai 5 hari di dalam tabung permantasi sebelum akhirnya jadi gas, tapi jika eceng itu hanya dirajang saja, membutuhkan waktu 5 sampai 7 hari sebelum gasnya bisa dimanfaatkan. Diketahui, eceng gondok adalah tumbuhan yang terapung di permukaan air dan akan berkembang dengan baik ketika menjadi indikator, yaitu jika tempatnya di sungai atau genangan air. Keberadaan tumbuhan ini menandakan sungai atau air tersebut sudah terkena pencemaran limbah.


    Memanfaatkan eceng gondok sebagai bio gas oleh warga Kertasari ini dianggap sangat tepat, mengingat desa ini dibelah saluran induk Rengasdengklok yang banyak tumbuh eceng gondoknya. Jadi, masyarakat setempat tidak akan pernah kehabisan eceng gondok, karena tumbuhan ini terus tumbuh. Selain itu, jika masyarakat benar-benar memanfaatkan eceng gondok untuk bio gas, berarti persoalan sampah eceng gondok yang menumpuk di sepanjang saluran sungai akan teratasi. (*
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +