• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Puskes Medangasem Gelar Pengobatan Katarak Murah

    Rabu, 05 Agustus 2009
    JAYAKERTA, RAKA - Puluhan warga pengidap sakit katarak berjejal antri di Puskesmas Medangasem, Selasa (4/8) pagi, karena Puskesmas ini menggelar pengobatan katarak murah yang rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Selain warga Jayakerta, banyak warga dari kecamatan lain pun berobat di puskesmas ini, mengingat lokasi Puskesmas yang mudah dijangkau.
     
    Menurut Dr. Teti, tidak semua pasien katarak diterima dan dilayani pada pengobatan murah ini, mengingat pengidap katarak yang juga memiliki penyakit darah tinggi atau kencing manis akan beresiko jika kataraknya diobati, karena pengobatan katarak adalah dengan cara dioperasi. "Sangat beresiko mengoperasi pengidap sakit katarak jika dia punya penyakit darah tinggi atau kencing manis," ujarnya.
     
    Kata dia, operasi katarak bisa dilakukan jika pasien dalam kondisi sehat. Untuk itu, tim medis Puskesmas Medangasem mengadakan seleksi kesehatan agar pada saat dioperasi tidak ada efek sampingnya. Dituturkan seorang pasien katarak, Nafsiah (55) warga RT 02/01, Desa Batujaya, Kecamatan Batujaya, pengobatan seperti ini jarang dilakukan Puskesmas lain dan jika bisa waktu pengobatannya ditambah jangan enam bulan melainkan setiap dua bulan sekali. Dengan begitu, lanjutnya, penderita katarak sepertinya tidak harus berobat jauh. Di rumah sakit, pengobatan ini dibandrol Rp 2 juta.
     
    Kepala UPTD Puskesmas Medangasem, Eko Susanto mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi tempat saja, sedangkan tenaga medis semua dari BKMM (Balai Kesehatan Mata Masyarakat) Jawa Barat dan ketententuan biaya pun mereka yang menentukan bagi masyarakat. Jika ada warga ingin menggunakan Jamkesmas maka harus ke RSUD atau BKMM.
     
    Sementara itu, BKMM Jawa Barat melakukan pengobatan katarak ini dengan menekan biaya agar penderita katarak tidak kesulitan biaya pengobatannya dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk itu, BKMM bekerja sama dengan Puskesmas untuk melakukan operasi katarak dengan biaya murah. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +