• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pola Kinerja DPRD Harus Berubah

    Kamis, 06 Agustus 2009

    "Pola kerja para anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) yang baru harus berubah dan harus lebih bagus, karena mereka dipilih langsung oleh masyarakat. Masyarakat berharap anggota dewan sekarang tidak seperti yang lalu, maksudnya tidak dekat dengan rakyat," kata Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Karawang, Uman Rusmana, kepada RAKA, Rabu (5/8) siang, usai pelantikannya.
     
    Perubahan itu, lanjutnya, harus bisa dilaksanakan melalui program yang telah dituangkan oleh DPRD lama, yang sekarang masih jadi 'PR' para caleg terpilih. Untuk membenahinya, maka harus ada pola perubahan kinerja dewan yang lama, karena DPRD sekarang dipilih oleh masyarakat dan harus mampu merealisasikan aspirasi masyarakat."Bagi kita, DPRD fraksi PDI Perjuangan, ketika melaksanakan tugas harus bisa membangun Dapil (Daerah pemilihan) masing-masing," ujarnya.
     
    Kata Uman, sesuai sumpah janji jabatan, dia akan melaksanakan aspirasi masyarakat yang diwakilinya. Dia mencontohkan, jatah anggota dewan yang reses sekitar Rp 100 juta, dana itu bisa dibagikan untuk pembangunan di dapil masing-masing, misal untuk pembangunan mushola, jalan lingkungan atau jembatan yang membutuhkan dana berkisar Rp 5 juta-an, berarti akan banyak fasilitas masyarakat yang dibangun. "Jangan mensorot yang besar-besar, tapi yang kecil-kecil saja, karena yang merasakan tidak hanya orang PDI Perjuangan tapi masyarakat umum, memang dana aspirasinya tetap dari PDI Perjuangan," ujarnya.
     
    Menurutnya, kalau itu dijalankan, pembangunan di Karawang ini tidak akan sulit. Kata Uman, dia akan mencoba melakukan pola BRI (Bank Rakyat Indonesia), mengingat dia adalah pensiunan BRI, karena pola kerja perbankan merupakan pola kinerja yang ketat dan disiplin soal uang. Selain itu, kerjasama pemerintahan eksekutif dan legilatif harus ditumbuhkan, karena ketika persepsi sudah tidak sama maka akan timbul benturan. "Ketika membicarakan pembangunan Karawang, ya harus bicara pembangunan, tidak lagi bicara golongan," paparnya.
     
    Jadi, lanjutnya, kalau anggota DPRD sekarang tidak sanggup meningkatkan pola kerja, berati DPRD Karawang tidak ada peningkatan. Dan untuk anggota dewan non partai yang berasal dari simpatisan akan diberi pengarahan, misal awalnya merah muda jadi merah tua, ini dalam supaya kinerja di fraksi tidak timbul perbedaan pendapat. Usai pelantikan kemarin, Uman merasa bangga bisa menjadi peraih suara terbanyak di Dapil III, yaitu sebanyak 4.086 suara. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +