• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Petani Tewas Menghirup Racun Hama

    Kamis, 13 Agustus 2009

    KARAWANG NEWS - Seorang petani Dusun Tegal Asem RT 11/05, Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok, Jaja Jaenudin Bin Anisan (47) tewas seketika di pematang sawahnya akibat menghirup racun pembasmi hama ketika dia menyemprotkan racun tersebut, Rabu (12/8) pukul 09.00 WIB.
     
    Diduga, Jaja meninggal karena tidak menggunakan masker sebelum menyemprotkan racun hama itu, beberapa tetangganya menyebutkan dia tidak kurang memahami pentingnya menggunakan masker saat menyemprot sawah, sehingga percikan air racun hama yang disemprotkan itu terhisap hingga menyesakan dadan dan Jaja meninggal dunia seketika di atas pematang sawahnya.
     
    Dia dikenal tetangganya memang sebagai penjahit pakaian di Pasar Rengasdengklok dan dia pun memiliki sebidang sawah seluas 2000 meter persegi, karena padinya terlihat sedang terserang hama, maka Jaja melakukan penyemprotan untuk membasmi hama tersebut seorang diri.
    Keterangan meninggalnya Jaja akibat racun hama sawah diperkuat hasil pemeriksaan medis Puskesmas Rengasdengklok. Setelah diperiksa Jaja memang menghirup udara yang bercampur racun hama padi saat sedang melakukan penyemprotan. Obat yang dipergunakannya yaitu Spontan 400 SL dan Top Score Plus ZPT (Zeberlin) sebanyak 1000 mili liter, obat sawah itu adalh pembasmi hama dan perangsang tumbuhan yang dibeli dari kios di Pasar Rengasdengklok.
    Jaja pertama kali terlihat tergeletak di pematang sawah oleh seorang warga yang sedang mencari keong untuk pakan ternak, Eman (60). Kata Eman, dia sedang menyusuri pematang-pematang sawah untuk mencari keong, tapi dia kaget setelah melihat Jaja tergeletak tak bernyawa, lalu ia pun lari ke perkampungan untuk memberitahukan kepada warga setempat mengenai temuannya di tengah sawah, kontan warga setempat berlarian ke sawah kemudian membawa Jaja ke rumahnya. Di rumahnya, Jaja di tangisi keluarganya, setelah mereka mengetahui Jaja tak bernyawa.
     
    Menurut keterangan istrinya, Leti (40) Jaja pergi ke sawah sekitar pukul 07.00 WIB setelah minum kopi dan makan roti, ia pamitan untuk menyemprot sawahnya dengan racun hama. Dan dua jam kemudian, malah datang tetangga-tetangganya memberi tahu jika suminya meninggal dunia di tengah sawah akibat racun hama yang terhisap ketika menyempot sawah.
    Paparan keluarga korban, Saepudin (35), saat di temukan Jaja langsung dibawa pulang ke rumah untuk kemudian dilarikan ke rumah sakit, tapi itu terlambat karena Jaja telah mengehembuskan nafas terakhir di tengah sawah. Sore harinya, Jaja dikebumikan di pemakaman keluarga. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru