• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Disdikpora Karawang Terus Sosialisasikan BOS 2009

    Selasa, 14 Juli 2009

    KARAWANG NEWS - Pelatihan program BOS (Bantuan Operasional) Tahun 2009 putaran ke-6 di Kabupaten Karawang dilaksanakan di SDN Rengasdengklok Selatan III, IV, V, VI dan VII, Senin (13/7). Pelatihan putaran ke-6 ini dihadiri kepala sekolah SD, SMP, bendahara, komite sekolah dan unsur masyarakat Kecamatan Rengasdengklok, Jayakerta dan Kecamatan Kutawaluya.
     
    Kasi Ketenagakerjaan dan Kelembagaan Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Karawang Drs. Andi Laode menjelaskan, seperti sosialisasi BOS sebelumnya, materi BOS yang dilaksanakan pada angkatan ke-6 ini sama dengan angkatan lainnya, hanya beda jumlah peserta. Usai sosialisasi ini, pada Agustus 2009 mendatang pihaknya akan memonitoring semua angkatan yang sudah menerima sosialisasi BOS dengan personil yang lebih banyak lagi dari Disdikpora.
     
    Pada monitoring itu, pihaknya pun akan melakukan evaluasi dan memeriksa termasuk melakukan perbaikan-perbaikan adminstrasi dan lainnya bagi sekolah yang dianggap tidak memenuhi kriteria program BOS atau yang menemui kekeliruan. "Ya tentu ada evaluasi, kami akan menerima sampel dan melakukan perbaikan sebeluma diperiksa BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan)," jelasnya.
     
    Pada putaran ke-6 ini, tercatat 396 orang dari tiga kecamatan diberi materi BOS pada tujuh ruang kelas yang tersebar di enam sekolah tersebut. Sementara itu, Kepala UPTD TK,SD Rengasdengklok juga panitia sosialisasi ini, Drs. Muhrodi Suruzi mengatakan, sosialisasi ini dilakukan karena adanya perbedaan yang prinsip antara BOS 2009 dan tahun sebelumnya. Dengan begitu perlu disosialisasikan perbedaannya, terutama mengenai jumlah dana BOS untuk tiap siswa.
     
    "BOS sekarang menekankan agar semua SD dan SMP negeri menggratiskan biaya sekolah. Selain itu, sekolah diminta agar mengumumkan dana BOS di papan pengumuman dana yang diperoleh dari anggaran BOS dan peruntukannya, supaya semua orang tahu," ucapnya.
     
    Diketahui, sosialisasi ini dilaksanakan di sembilan lokasi sejak 29 Juni - 16 Juli 2009 mendatang, sembilan lokasi pertemuan sosialisasi itu diantaranya di Kecamatan Cilamaya Wetan yang diikuti Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Jatisari Banyusari. Kemudian hari kedua lokasi di Kecamatan Batujaya diikuti Kecamatan Pakisjaya, Batujaya, Tirtajaya dan Cibuaya. Pada hari ketiga di Kecamatan Pedes, meliputi Kecamatan Pedes, Cilebar dan Kecamatan Tempuran.
     
    Pada hari keempat, sosialisasi dilanjutkan di Kecamatan Telukjambe Barat meliputi Kecamatan Pangkalan, Tegal Waru, Telukjambe Barat dan Telukjambe Timur. Hari kelima di Kecamatan Klari meliputi Kecamatan Klari, Purwasari dan Kecamatan Ciampel. Keenam di Kecamatan Rengasdengklok meliputi Kecamatan Rengasdengklok, Kutawaluya dan Jayakrerta. Hari ketujuh di Karawang Barat meliputi Karawang Barat, Karawang Timur dan Kecamatan Majalaya.
     
    Jadi, sosialisasi ini menyampaikan tentang bagaimana uang BOS digunakan, juga mengenai pedoman dalam penggunaan uang BOS, karena uang BOS tahun 2009 ini ada perbedaan prinsip dengan BOS tahun lalu. Perbedaan itu pertama adalah jumlah yang diterima sekolah lebih besar, yang tadinya Rp 254 ribu/tahun per siswa menjadi Rp 397 ribu/tahun per siswa. Selain jumlah, BOS tahun ini pun dinyatakan beda, kalau BOS sebelumnya hanya meringankan beban siswa, tapi BOS sekarang mampu menggratiskan dan sekolah tidak boleh pungut biaya pada siswa. (*)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +