• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Siswa SMPN 1 Kutawaluya Juara 'Ngadongeng'

    Selasa, 30 Juni 2009

    KARAWANG NEWS - Juara 1 lomba 'Ngadongeng' tingkat SMP wilayah II Jawa Barat diboyong Kabupaten Karawang. Siswa yang berhasil mengukir prestasi ini adalah Jafar Sidik dari SMPN 1 Kutawaluya dan Nabila SMPN 2 Kutawaluya.
     
    Lomba ini merupakan ajang Pasanggiri dan Apresiasi Bahasa, Sastra dan Seni Daerah yang dilakukan Balai Pengembangan Bahasa Daerah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, 26-28 Juni 2009 lalu, tepatnya di Graha Vidia, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Lomba ini diikuti SD, SMP dan SMA se-wilayah II Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, Bekasi, Kota Madya Bekasi dan Depok, cuma Depok tidak ikut.
     
    Kepala SMPN 1 Kutawaluya, Drs. Yayat Rukhiyat yang hadir pada pelaksanaan lomba tersebut mengatakan, pada masa sekarang harus ada pembimbing khusus yang mampu melatih siswa mahir berbahasa Sunda, apalagi Bahasa Sunda di daerah utara Karawang semerawut dan terdengar kasar. Terlebih bahasa ini dilombakan tingkat wilayah II Jawa Barat, maka perlu guru yang mahir dan menguasai kosa kata bahasa itu. Kata Yayat, di lingkungan perumahan Bahasa Sunda sudah dikikis Bahasa Indonesia, jadi anak-anak daerah di lingkungan itu sedikit berbahasa Sunda.
     
    Di tempat sama, Official Lomba Pidato yang membawa Jafar ke lomba tingkat II Jawa Barat, juga pengawas SMP wilayah Cilamaya, Efendi mengatakan, ahli sastra Sunda sangat langka, memang semua masyarakat bisa berbahasa Sunda, tapi kaidahnya sulit ditemukan. Kata dia, Jafar akan kembali mengikuti lomba 'Ngadongeng' ke tingkat provinsi Jawa Barat sebagai duta Kabupaten Karawang yang akan diikuti SD, SMP dan SMA yang telah mengkukir prestasi di lomba tingkat wilayah II Jawa Barat.
     
    "Sebenarnya potensi karawang banyak, bukan hanya bahasa daerah saja, guru dan kepala sekolah pun sangat antusias untuk memunculkan juara-juara, tapi fasilitas yang kurang mendukung," ujarnya.
     
    Sementara itu, sang juara 'Ngadongeng', Jafar Sidik menjelaskan, tidak mudah untuk bisa menyaingi peserta lomba kemarin, tapi dia yakin bisa meraih juara dengan berlatih dan berlatih. Siswa kelas 8A SMPN 1 Kutawaluya ini merasa tidak aneh dengan prestasinya, mengingat sejak SD dia sudah banyak menjuarai Olimpiade Matematika, Dokter Kecil dan Calistung. "Saya hanya berlatih dan terus berlatih untuk bisa jadi juara," ucapnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru