• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hari Bumi dan Demokrasi

    Senin, 20 April 2009

     
    "Bumi sebagai 'Kawah Candradimuka', artinya selalu ada pergantian masa, rejim dan keuasaan. Selama ini, bumi menampung segala tindakan semua manusia, khusunya bagi yang berkuasa kemarin, saat ini dan yang akan datang. Dimana mereka menorehkan goresan tinta pada bumi ini," kata pengajar seni dan budaya SMAN 1 Pedes, Maruf Muhtar S.Ip, kepada RAKA, Minggu (19/4) siang.
     
     
    Menurutnya, bumi sudah terlalu banyak berkorban bagi umat manusia, sepanjang sejarah dalam perjalanannya. Pada moment hari bumi tanggal 22 April 2009 besok, semoga menjadi sebuat bentuk pembelajaran kepada kita, betapa tulusnya bumi memberi dan menerima terhadap segala hal yang telah ditorehkan oleh manusia. "Ketulusan dan keikhlasanlah hendaknya menjadi pondasi bagi para calon legislatif yang menjadi aktor pada pemilu 2009 kemarin," ujarnya.
     
     
    Sehingga, lanjutnya, ketika seorang caleg menhadapi hal yang tidak diharapkannya, dia tidak serta merta mengambil lagi apa yang telah diberikan pada bumi dan penghuninya (masyarakat, red). Hal ini diungkapkannya, karena telah terjadi beberapa kasus caleg kalah yang mengambil kembali sesuatu yang telah dia sumbangkan pada masyarakat. Dengan begitu, wajib bagi semua manusia merenung kembali, apa yang telah dilakukan pada bumi selama ini. "Karena memang bumi ini adalah titipan anak-cucu kita," tukasnya.
     
    Saat ini, bumi menunggu langkah nyata tiap individu dalam memulai kembali dalam perbaikan-perbaikan yang bisa kita lakukan dengan memelihara lingkungan dan kondisi sehat di sekeliling lingkungan. "Seorang caleg harus terus melakukan hal yang melindungi bumi, bukan merusaknya atau menghapus sesuatu yang sebenarnya telah menjadi hak orang lain. Harusnya, tiap caleg berpikir biarlah anak-cucu kita mengenang kita ketika kita tidak berada di antara mereka lagi. Selamat hari bumi, damai di hati, damai di bumi," ujarnya. (spn)
     
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru