• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dana Haji Gratis Kutawaluya Sudah Terkumpul Rp 24 Juta

    Selasa, 14 April 2009
    KUTAWALUYA, RAKA - Hingga sekarang, infak dan sodaqoh Haji gratis Kecamatan Kutawaluya sudah terkumpul sebanyak Rp 24 juta. Dana itu terkumpul dari masyarakat di semua desa. Bahkan warga di kecamatan ini mengharap supaya infak dan sodaqoh Haji gratis terealisasi.
     
    Demikian kata Camat Kutawaluya, Drs. Heri Paryono kepada RAKA, kemarin siang. Saat ini, dana tersebut masih terkumpul pada koordinator intansi dan lembaga di desa masing-masing. "Rp 24 juta itu terkumpul selama 3 bulan dari masyarakat. Dan sekarang uangnya masih dipegang masing-masing lembaga yang ada di desa dan dinas. Kita punya agenda, akan melakukan pemilihan Haji gratis pada Agustus 2009 nanti dan menggelar acara gebyar lagi, seperti yang pernah saya lakukan di Kecamatan Pakisjaya tahun kemarin," ujarnya.
     
    Sementara ini, camat akan mengundang para haji untuk membentuk IPHI (Ikatan Pemberangkatan Haji Indonesia) Kecamatan Kutawaluya di bulan ini. Setelah itu akan MoU dengan BRI (Bank Rakyat Indonesia) atas nama rekening lembaga IPHI. "Sekarang di Kecamatan Kutawaluya belum ada IPHI, tapi saya melihat warga Kutawaluya antusias menyambuh rencana ini," jelasnya.
     
    Diketahui, tahun 2008 lalu, yang terpilih berangkat haji sebanyak 1 kuota dari dana infak dan shodaqoh Rp 12 ribu/tahun dari masyarakat Kecamatan Pakisjaya yaitu Rohani warga Kampung Baru II, RT 12/04 Desa Telukjaya. Tidak hanya itu saja, tokoh masyarakat Cibuaya, H. Anawi nyumbang 1 kuota dan undiannya jatuh pada Kapolsek Pakisjaya Hermawan yang juga akan berangkat ke tanah suci.
     
    Sedangkan Camat Pakisjaya Drs. Heri Paryono mendapat kemuliaan pergi haji gratis pemberian dari seorang pengusaha Jakarta bernama Muhammad Faidzin, tapi dia menghibakan kuota itu pada guru ngaji setepat Ust. Mustopa. Pengumpulan dana infak dan shodaqoh berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2008. Infak ini dikumpulkan dari 3.500 peserta infak dan shodaqoh pemberangkatan haji warga Pakisjaya.
     
    Hanya Rp 12 ribu/ tahun, tiap peserta memperoleh kesempatan pergi haji.
    Gagasan Camat Drs. Heri Paryono ini dianggap sukses dan merupakan cikal bakal pemberangkatan haji melalui infak dan shodaqoh pada tahun-tahun mendatang. "Program ini tidak begitu saja mudah dilakukan, karena selama proses pelaksanaanya banyak yang pesimis dan tidak memahami tujuan saya yang sebenarnya, tapi dengan 'lounching' pertama kemarin di Pakisjaya, mudah-mudahan bermanfaat dan akan terus dilakukan pada tahun ini," katanya.
     
    "Setelah berhasil di Kecamatan Pakisjaya, saya akan bangun keagamaan di Kecamatan Kutawaluya, yaitu memberangkatkan haji dari infak dan sodakoh semua warga se-kecamatan. Saya harap, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Kutawaluya bisa berkiprah dalam kegiatan keagamaan di masyarakat, diantaranya pergi haji gratis," paparnya.
     
    Menurutnya, prosesnya pembentukan infak dan sodaqoh pergi haji gratis ini sangat banyak, diantaranya pembenahan tahapan kegiatan, yaitu sosialisasi, membangun komitmen bersama, sturktur IPHI harus dibenahi, setelah itu bintek (bimbingan teknis) tentang program yang telah dilaksanakan di Pakisjaya untuk bisa diterapkan di Kutawaluya, kemudian MoU dengan Bank BRI dan perekrutan dana sodaqoh, kemudian pemilihan peserta sodaqoh yang akan berangkat haji gratis.
     
    Kata Heri, programnya ini akan mudah dilaksanakan di Kecamatan Kutawaluya, karena masyarakatnya sudah agamis. Selain itu, program ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Pakisjaya dan sudah ada bukti 1 kuota pergi haji gratis hasil dari infak dan sodaqoh Rp 12 ribu/tahun per orang. "Dengan infak dan sodaqoh ini, saya bisa mengimplementasikan visi Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Karawang, yaitu meningkatkan iman dan taqwa masyarakat," ujarnya. (spn)
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +