HUT RI, Warga Pasirjengkol Simulasi Kebakaran

KARAWANG, KarawangNews.com - Jumat (17/8/2018), sejumlah warga Pasirjengkol, Kecamatan Majalaya mencoba memadamkan api menggunakan karung basah dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dalam simulasi kebakaran, simulasi dilaksanakan usai upacara HUT RI Ke-73, di lapangan SDN Pasirjengkol III di desa tersebut.

Pada simulasi ini, warga berusaha memadamkan api besar dari sebuah drum yang dibakar menggunakan cairan bensin. Satu persatu sejumlah warga mencoba memberanikan memadamkan api tersebut, sebab salah sedikit bisa-bisa kulit yang akan terbakar.

Pengarah simulasi ini langsung dilakukan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karawang, Gunawan. Dia memaparkan, jika kebakaran terjadi di dapur, yang harus dilakukan pemilik rumah adalah jangan panik dan jangan menyiram api dengan air, sebab hanya akan menambah api menjalar, melainkan memadamkannya menggunakan karung basah.

Kata dia, kebanyakan kebakaran kompor terjadi akibat kompornya yang rusak, bukan tabung gasnya, sehingga yang pertama harus dilakukan yaitu mencopot regulator, kemudian menutup kompor dengan karung basah.

"Selain karung basah, ada yang lebih praktis, yaitu menggunakan APAR, alat ini memang mahal, tetapi disiagakan di setiap rumah, untuk antisipasi kebakaran," jelasnya.

Kepala Desa Pasirjengkol, Inda Suhenda menyebutkan, kebakaran terbesar di desanya pernah terjadi tahun 2014 lalu, sebuah pabrik penggilingan padi terbakar dan merambat ke sebuah rumah, semuanya hangus tak tersisa, tetapi tidak ada korban jiwa. Kemudian tahun 2016 satu rumah terbakar, beruntung masih bisa diselamatkan. 

"Setelah kejadian itu, aparat desa melatih diri memadamkan kebakaran, setahun kita lakukan simulasi kebakaran di halaman kantor desa sebanyak dua kali," kata dia.

Menurutnya, masyarakat harus diberi pengetahuan cara mengatasi kebakaran, jangan sampai panik dan menyebabkan api membesar dan menghanguskan rumahnya. Untuk itu, bertepatan di HUT RI ini, dia sengaja mengundang Damkar untuk memperagakan cara mengatasi kebakaran. 

"Kita selalu siaga mengantisipasi segala kejadian, termasuk kebakaran, kita harap masyarakat mengetahui cara memadamkan kebakaran, sehingga kerugian materinya kecil," kata dia. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -