NasDem yang Pertama Memenuhi Verifikasi KPU Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Karawang menjadi partai pertama yang memenuhi syarat dalam verifikasi partai politik (parpol) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Setelah sebelumnya melakukan verifikasi selama 2 jam dari Pukul 09.00 wib hingga Pukul 11.00 wib salinan data partai, yang disesuaikan dengan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Secara resmi jumlah data 2.802 anggota partai NasDem Karawang sesuai dengan Sipol.

"Kami juga tidak menduga jika pada hari ini data salinan verifikasi yang dibawa oleh Partai NasDem, setelah kita cek dan sesuaikan by name by address dengan Sipol. Dan hari ini daftar langsung memenuhi syarat (MS)," ungkap Komisioner KPU Karawang, Asep Saepudin Muksin kepada Media Indonesia, Jumat (13/10).

Sejak dibuka pendaftaran verifikasi parpol pada 03 Oktober 2017, sudah ada 3 parpol yang sebelumnya melakukan pendaftaran. Diantaranya adalah Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDIP.

Namun sejumlah partai tersebut masih terus melakukan perbaikan persyaratan setelah sebelumnya mendaftar untuk diverifikasi.

"Mereka masih melakukan perbaikan persyaratan," kata Asep.

Asep menjelaskan verifikasi parpol tersebut dilakukan sesuai dengan 3 aturan yaknj melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. 

"Dan aturan yang terakhir adalah Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 174 tahun 2017 tentang Pedoman Pendaftaran, Penelitian Administrasi, Verifikasi Faktual," kata Asep.

Asep menjelaskan penutup verifikasi parpol tersebut akan dilakukan pada 16 Oktober 2017. Resminya penutupan tepatnya pada Pukul 24.00 wib.

"Kalau misalnya tidak melakukan perbaikan untuk memenuhi syarat. Baru parpol tersebut kita nyatakan tidak lolos," kata dia.

Sementara itu Ketua DPD Partai NasDem Karawang, Dian Fahrud Jaman mengatakan, pihaknya sangat bersyukur jika partai NasDem di Karawang menjadi salah satu partai politik pertama yang lolos dalam verifikasi administrasi parpol.

"Hari Jumat ini kita melakukan pendaftaran secara serentak. Seluruh berkas pun telah diverifikasi dan Alhamdulillah kita bersyukur NasDem langsung memenuhi syarat," ucap Dian.

Dian menyebutkan, lolosnya NasDem Karawang dalam verifikasi parpol tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk memenangkan menuju Pemilu di tahun 2019. (ong/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -