• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    2.189 Nelayan di Kabupaten Karawang Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

    Senin, 08 Juli 2024


    KarawangNews.com - BPJS Ketenagakerjaan Karawang bersinergi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2.189 nelayan yang ada di wilayah Kabupaten Karawang. 


    Kegiatan penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para nelayan tersebut dilakukan bersamaan kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kabupaten (Paten) di Kecamatan Tempuran.


    Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karawang, Imam Santoso menjelaskan, dari total 2.193 nelayan yang di usulkan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang untuk didaftarkan pada program BPJS Ketenagakerjaan.


    Hanya 2.189 yang lolos validasi data dan berhasil didaftarkan pada 2 program perlindungan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, yaitu pada program Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).


    Kedua program tersebut memiliki manfaat diantaranya ketika peserta BPJS Ketenagakerjaan (pekerja) mengalami kecelakaan kerja akan mendapatkan manfaat yaitu perawatan tanpa batas biaya sesuai kebutuhan medis.


    Santunan sementara tidak mampu bekerja (STMB) sebesar 100% gaji selama 12 bulan pertama, dan 50% untuk bulan selanjutnya hingga sembuh jika peserta dalam masa pemulihan dan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, serta santuan 48 kali upah terakhir yang dilaporkan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal karena kecelakaan kerja.


    Selain itu untuk Jaminan Kematian memiliki manfaat berupa santunan kematian sebesar Rp 42 juta bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal, bukan karena kecelakaan kerja dan beasiswa untuk 2 orang anak mulai dari jenjang pendidikan dasar (TK) hingga perguruan tinggi maksimal Rp 174 juta.


    Kedepannya pihak BPJS Ketenagakerjaan Karawang akan terus aktif bersinergi dengan dinas terkait untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan.


    "Semakin banyak lagi nelayan yang terlindungi oleh program-program dari BPJS Ketenagakerjaan, para nelayan bisa bekerja keras, bebas cemas," kata Imam.

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru