• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Diduga Ada Oknum Mitra Toko Bermain Mata, Pengawasan Perum Bulog Dipertanyakan

    Jumat, 22 Maret 2024
    Terpantau bongkar muat gudang Bulog Purwasari Karawang ke salah satu mitra toko. (foto:Karawangnews.com)

    KarawangNews.com, -  Harga beras di pasar baru-baru ini mengalami kenaikan yang signifikan. Diduga kurangnya pengawasan dari Perum Bulog, selain itu ada dugaan oknum nakal yang memanfaatkan situasi dan bermain mata dengan toko mitra harus jadi bahan penyelidikan Aparat Penegak Hukum (APH).


    Pasalnya, beras Bulog yang seharusnya dijual dengan Harga Eceran Tetap (HET), namun harga beras Bulog di lapangan didapati harga jual mencapai Rp15000 per Kg. 


    Padahal, harga beras Bulog sudah ditentukan. Perum Bulog Divre Karawang menetapkan untuk harga beras Luar Negeri (LN: Thailand) dengan harga per kilo gram (Kg) Rp9950 dan pihak toko menjual sesuai HET Rp10900, bagi toko yang sudah memiliki downline toko mitra Bulog.


    Diketahui, bagi toko yang sudah memiliki downline mitra dengan Perum Bulog ini, bisa tebus beras LN sebanyak 2 ton per toko.

    Dan harus menjual sesuai HET Rp10900, Jumat (22/3/2024).


    Terpantau, di salah satu gudang Bulog di Purwasari beberapa waktu lalu, banyaknya keluar masuk truk diduga mencapai puluhan hingga ratusan ton dengan tujuan ke salah toko di pasar Johar Karawang.


    Ketika dikonfirmasi Kepala Gudang beras Bulog Purwasari, Ardi menyebutkan, pengajuan konfirmasi silahkan ke kantor cabang sesuai arahan dan perintah pimpinan. 


    Selanjutnya, awak media mempertanyakan hal itu terkait adanya temuan beras Bulog dengan harga jual yang tinggi, beberapa waktu lalu di kantor Perusahaan Umum (Perum) Bulog Karawang. Diterima langsung Humas  Asisten Menejer Perum Bulog, Ahmad Firdaus mengatakan, baru 3 bulan pindah dari pusat ke Perum Bulog Karawang. 


    Ia membantah adanya dugaan itu dan akan melakukan evaluasi pengawasan terkait informasi tersebut, diterangkannya harga beras Bulog tidak berubah sudah sesuai harga yang ditetapkan.


    "Kalau harga beras Bulog Karawang dan Bekasi harga sudah ditentukan, untuk penebusan dari downline toko ke distributor itu Rp10500," kata dia.


    Lanjutnya menegaskan, harga tersebut sudah inklud ongkos muat dan angkut. "Untuk harga jual user ke masyarakat itu menjual sesuai HET Rp10900," ujarnya. [Sky]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru