• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    HUT ke-3 Beritapembaruan Gelar Diskusi Interaktif, Peran Jurnalis dalam Cerdaskan Demokrasi

    Rabu, 31 Januari 2024
    Diskusi interaktif media di Kabupaten Karawang.

    KarawangNews.com - Dalam rangka HUT ke-3 media online beritapembaruan mengadakan diskusi interaktif. Dengan mengangkat tema menarik 'Media dalam keterpurukan sosial dan kecerdasan demokrasi.'


    Hadir dalam diskusi tersebut Praktisi Hukum, Advokat senior Karawang Agus Ferryanto, S.H., M.H., bersama  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Mari Fitriani.


    Moderator acara Ega Nugraha Susanto.

    Acara yang dipandu moderator perlente, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karawang Ega Nugraha Susanto berlangsung sukses dan lancar di RM. Alam Ceria Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Selasa, (30/1/2024).


    Pada kesempatan itu juga turut hadir puluhan pemimpin redaksi dan jurnalis media online dari Kabupaten Karawang dan Bekasi. Juga tampak hadir Ketua Media Independen Online (MIO) Jawa Barat Azhari, ketua Forum Wartawan Jaya Indonesia (FWJI) Karawang Irfan Sahab dan jajaran pengurusnya, Sekretaris Serikat Media Siber Informasi (SMSI) Karawang Iwan Sugriwa.


    Dalam diskusi tersebut, Agus Ferryanto mengupas peran penting pers dan jurnalis yang mengedepankan pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) berpedoman ke UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.


    Agus Ferryanto, S.H., M.H.

    Wartawan sebagai pemberi kabar yang memberitakan sesuatu hal, sangat ditunggu masyarakat yang lebih mengutamakan hasil investigasi atau pendalaman terkait berita yang akan diangkat.


    "Saat ini temen-temen jurnalis di berbagai daerah masih bersifat reportase saja. Atau bersifat menyampaikan informasi ke publik saja," ujar Kang Ferry sapaan akrab Agus Ferryanto saat memaparkan materi diskusi.


    Menurut Ferry,  menekankan "Kalau saja di antara kita kaum jurnalis mengangkat berita-berita dari hasil investigasi hasilnya akan lebih memuaskan publik atau pembaca," tandasnya.


    Lebih jauh dikatakannya "Kita saat ini sering baca salah satu media nasional yang menaikan beritanya bukan hanya hasil laporan saja, namun merupakan hasil investigasi yang dalam dan detail. Dan itu bisa menggoncang publik," ujar Kang Ferry sembari menyebutkan salah satu contoh media nasional.




    Di tempat yang sama Ketua KPU Karawang Mari Fitriani saat memaparkan materi mengatakan, bahwa media merupakan mitra kerja dari KPU. Pelaku media khususnya kaum jurnalis menjadi kepanjangan tangan KPU, seperti menyampaikan beberapa informasi terkait pemilu.


    Mari juga menyampaikan beberapa regulasi terkait dengan pemilu, terfokus pada sosialisasi mengenai tata cara penghitungan kursi bagi calon anggota legislatif.


    Tidak sedikit lanjut Mari informasi tentang tahapan atau kegiatan yang disampaikan melalui media. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada masyarakat terkait proses pemilu.


    "Terus terang kami KPU merasa sangat terbantu oleh media," kata Mari.


    Sementara itu Pimred Beritapembaruan N Hartono disapa akrab Romo dengan penuh haru mengapresiasi sahabat rekan Jurnalis yang hadir ataupun yang tidak sempat hadir karena lain hal tidak mengurangi rasa hormatnya kepada semua sahabat.


    Ia menyampaikan ungkapan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara HUT tersebut. 



    "Teruntuk sahabat-sahabat ku 

    Secara pribadi dari lubuk hati yang terdalam saya mengucapkan beribu-ribu, berjuta-juta terima kasih atas partisipasi aktifnya pada kegiatan HUT beritapembaruan. Atas kerja sama, bantuan moril maupun materiil hingga suksesnya acara kami." ucapnya.


    "Insya Allah ke depan kita bisa menggelar kegiatan yang bisa bermanfaat bagi ummat.

    Semoga Allah SWT membalas budi baik sahabat-sahabatku," ujarnya. (**)


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +