• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SMAN 1 Cikampek Gelar Festival Unjuk Karya 2023, Tampilkan Kreativitas Siswa

    Selasa, 19 Desember 2023
    Kepala KCD Wilayah IV Jawa Barat, Budi Hermawan, M.Pd potong tumpeng di SMAN 1 Cikampek, Karawang.

    KarawangNews.com, - Tampilkan hasil kreativitas, ribuan siswa antusias ikuti  Gelaran Festival Unjuk Karya (Gafeskar) dilaksanakan di halaman Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cikampek Jalan  Ir. Haji Juanda, Desa Jomin Barat, Kecamatan Kotabaru, Karawang, Jawa Barat.


    Acara yang dihadiri Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Budi Hermawan, M.Pd, hadir alumni SMAN 1 Cikampek Anggota DPRD Provinsi Jabar, Sabil Akbar, S.IP bersama Purna tugas Kadisdikpora Karawang, Asep Junaedi, M.Pd, juga Camat Kotabaru, Idah Hamidah, S.E., beserta TNI-Polri.


    Pada helaran tersebut diisi acara gunting pita dan potong tumpeng syukuran peresmian gedung baru menambah semarak suasana. 


    Diketahui empat kegiatan sekaligus, dipimpin langsung Kepala SMAN 1 Cikampek, Drs H. Agus Setiawan, M.Pd.


    Dengan mengusung tema  'Mewujudkan generasi yang sehat, cinta lingkungan dan cerdas berteknologi sesuai dengan profil pelajar pancasila.'



    Kegiatan pertama adalah panen karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila untuk siswa-siswa tahun ketiga.


    Sebagai sekolah penggerak angkatan pertama, setiap tahun SMAN 1 Cikampek melaksanakan panen karya dengan berbeda tema.


    Kegiatan kedua adalah deklarasi siswa anti-bullying dan sekolah ramah anak. Melalui deklarasi anti-bullying, sekolah menolak segala bentuk kekerasan dan praktek bullying.


    SMAN 1 Cikampek membentuk agen perubahan dan agen anti-bullying yang berasal dari siswa.


    Selanjutnya, kegiatan ketiga adalah peluncuran majalah "Gala Cita," yang merupakan karya kolaboratif antara guru dan siswa SMAN 1 Cikampek. Peluncuran perdana majalah ini menjadi wadah kreativitas bagi guru dan siswa.


    Kegiatan keempat mencakup peresmian gedung baru yang didukung oleh dana alokasi khusus pemerintah. Rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, ruang biologi dan fisika, serta pembangunan ruang guru dan ruang BK di lantai 2 dilaksanakan secara vertikal. Output pembangunan melebihi target, memberikan kontribusi 6 ruangan baru.


    Sementara itu, Tim Satgas Anti-Bullying bertanggung jawab untuk mencegah dan mendidik rekan-rekan mereka.


    "Setelah menjalani pelatihan selama satu bulan, mereka menjadi agen perubahan yang mengedukasi teman-teman mereka mengenai bahaya bullying. Mereka juga memiliki mekanisme pelaporan untuk menangani tindakan bullying," ujar Agus, Selasa (19/12/2023).


    Sementara untuk Majalah direncanakan terbit setiap tiga bulan, dengan kontribusi tulisan dari guru dan siswa.


    Kepsek SMAN 1 Cikampek, Agus Setiawan, menyatakan kesiapan untuk beriklan dalam penerbitan mendatang dan saat ini tengah mengurus ISBN-nya.


    Di sisi lain, SMAN 1 Cikampek terus meraih berbagai prestasi, menunjukkan bahwa sekolah ini konsisten dalam pengembangan mutu pendidikan.


    Baik siswa maupun guru secara rutin meraih prestasi, seperti yang baru-baru ini diraih oleh Bu Nunuy yang terpilih sebagai guru inspirator literasi tingkat provinsi Jawa Barat. Siswa juga terpilih sebagai duta baca kabupaten Karawang.


    Kepala Sekolah menyampaikan bahwa prestasi ini sejalan dengan fokus sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi.


    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui literasi menjadi prioritas yang sesuai dengan misi Kementerian Pendidikan Nasional. (**)

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +