• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Drs Saleh Effendi: Pilih Calon Pemimpin yang Ikhlas dan Amanah, Pribadi Kaya Itu Bukanlah Ukuran

    Kamis, 23 November 2023
    Drs.Saleh Effendi, M.B.A.

    KarawangNews.com, -  Drs.Saleh Effendi, M.B.A.,  pernah menjabat dalam berbagai jabatan strategis di Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang,  dari mulai menjabat sebagai Kabag Pemdes sekarang DPMD, pencetus digelarnya Pilkades serentak, turut andil dalam pemetaan 2000 hektar untuk zona industri di Karawang.


    Diketahui memulai karir strategisnya,  Saleh Effendi sekitar tahun 1992 pada masa Jabatan Bupati Karawang Opon Sopadi, selanjutnya Bupati Sumarno Suradi, Bupati Dadang S Muhctar, Bupati (Alm) Ahmad Dadang dan Bupati Ade Swara.


    Beberapa jabatan strategis lainnya yang pernah dijabatnya yaitu Plh Ketua Bappeda, Kadis Bapenda, Kadis PU dan Kasat Pol PP kemudian terakhir menjabat Asda 1, kemudian pensiun pada masa Bupati Karawang Ade Swara.


    Sosoknya yang pemberani dan pantang mengemis untuk sebuah jabatan, siap ditugaskan ditempat yang kusut, bertindak tegas dalam tugas sesuai aturan, Saleh Effendi, salah satu tokoh perubahan kemajuan Karawang, berbicara banyak hal terkait pandangannya pigur kepemimpinan ke depan yang bisa diharapkan bagi masyarakat Karawang.


    "Memilih pemimpin bukan dari kekayaannya tapi

    pilihlah pemimpin yang melaksanakan visi misinya dengan amanah. Bukan karena kepentingan pribadi atau kelompok atau hanya sekedar mejeng mendapatkan jabatan," ungkap Saleh Effendi menyampaikan pada awak media KarawangNews.com di Saung Lebak Nyai, Lampean, Wadas, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Kamis (23/11/2023).


    Lanjut Ia mengatakan, uang dan kekayaan yang dimiliki pribadi seorang calon bupati, tidak menjamin untuk kemajuan Karawang, hal terpenting adalah orang tersebut bisa dan mampu membangun Kabupaten Karawang dengan ikhlas dan amanah tidak berdasarkan ketergantungan materi pribadi "Materi itu bukanlah ukuran,"tandasnya


    Menurut Saleh Effendi masyarakat itu berkeinginan memiliki pemimpin yang betul-betul mampu membangun Karawang. Bukan pimpinan yang hanya banyak uang, belum tentu bisa menjamin.


    "Apalah artinya seseorang banyak uang tapi tidak mampu bekerja, sama saja salah memilih pimpinan. Niatkan dalam hati ketika menjadi pemimpin. Tekad diri, kita ini ingin membantu masyarakat dan bisa diharapkan oleh semua pihak," tegasnya.


    Disinggung dari beberapa generasi silih berganti kepimpinan pemerintahan di Kabupaten Karawang, kesenjangan sosial dan ekonomi, terkait masih banyaknya pengangguran dan kurangnya pemberdayaan di masyarakat Karawang masih tertinggal bahkan masuk penilaian pemerintah pusat kategori kabupaten miskin ekstrim.


    Disikapi Saleh Effendi dengan lugas dijawabnya "Kenapa demikian? atau mungkin pemimpinnya yang tidak komitmen terhadap masyarakat," kata dia .


    Ia menyebut masih kurang peran pimpinan di pemerintahan daerah dalam pemberdayaan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia masyarakatnya.


    Hal itu harus dirubah kebijakan pimpinan ke depan harus bisa membantu masyarakatnya supaya lebih mumpuni dan terlatih sampai mahir, agar pertumbuhan perekonomian di masyarakat bisa berdaya saing tidak tergerus oleh pendatang.


    "Masyarakat Karawang harus mampu melihat peluang bisnis dari segala bidang ditopang bimbingan pemerintah yang inovatif menciptakan lapangan kerja dan pelatihan enterpreneur handal sampai terbina dengan baik," ucapnya.


    Lebih jauh Saleh Effendi memaparkan gagasan pemikirannya yang setuju mendukung Kabupaten Karawang  dipecah dimekarkan jadi 2 bagian misalkan antara Cikampek dan Karawang.


    "Bukan karena faktor politik, mendukung pemekaran tersebut namun untuk menjangkau pelayanan yang saling mendukung, antara daerah pemukiman misalkan di Cikampek bisa menunjang kebutuhan zona industri di Karawang," ujarnya. [Sukarya]


    Diketahui berikut catatan karir lengkap Drs.Saleh Effendi, M.B.A. Mulai bekerja tahun

    1982 pada MAWIL HANSIP Kabupaten Karawang. Lanjut

    Menjabat sebagai Kasubag TU

    Sekretaris KORPRI tahun 1987 sampai dengan (sd) tahun 1992. Kabag  Pemdes tahun 1992  sd tahun 1994. Sekretaris BAPPEDA tahun 1994 sd tahun 1999. Plh Ketua BAPPEDA tahun 1996. Plh Ketua BAPPEDA tahun 1998. Kepala Dinas PU Bangunan (Cipta Karya) tahun 1999 sd tahun 2000. Kasubdin BPMPD

    tahun 2001 sd tahun 2002. Kasubdin TataRuang tahun 2003 sd tahun 2005.  ASISTEN TATA  PRAJA (ASDA1) tahun 2005.√ KA DISPENDA tahun 2006 SD tahun 2007 kembali. √ ASDA 1 tahun 2007 sd tahun 2013. Tahun 2010 merangkap Plt KA Sat Pol PP. √ 2013  Jelang Purna Bhakti Stap Ahli  Bidang Pembangunan.


    Karir Politik.

    Tahun 1987 sd tahun 1992.

    Sekretaris DPD GOLKAR Karawang. 2014  ILEGAL 

    (Ikatan Celeg Gagal), dan pada saat ini Independent No Party politik bebas aktif. (sky)



    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +