• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    DPC HAPI Karawang Sertifikasi 9 Orang Pararegal Angkatan Pertama Tahun 2022

    Sabtu, 24 September 2022

     



    KarawangNews.com - Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) HAPI (Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia) Kabupaten Karawang dr.Syafrial Bakri, SE,.SH,.MH,.CPCLE serahkan sertifikat pelatihan paralegal angkatan pertama sebanyak 9 orang.


    Bertempat di Kantor DPC HAPI Kabupaten Karawang Jl. Raya Cikampek-Parakan Ruko Cikampek Berseri No.7, Cikampek Utara, Kec. Kota Baru, Karawang, Jawa Barat 41374, Sabtu (24/9/2022).


    Diantaranya, 1. Ahmad Fatoni, 2. Alek Abdul Hanan,3. Aep Apriyatna, 4. Ela Komalasari S.Pd, 5. Marseven Pandiangan, 6. Neng Wulansari, 7. Pendi Setiawan, 8. Yayan Hermawan, 9. Zaenawar.


    Ketua DPC HAPI Karawang Syafrial Bakri yang juga sering disapa bang Buyung mengatakan, Kita sudah resmi dan yang melihatpun akan mengetahui nya.Angkatan pertama sebenarnya ada 11 orang, tapi yang 2 orang belum mengumpulkan data ada yang menerima sertifikat kepengurusan hanya 9 orang.


    " 9 orang inilah cikal bakal Paralegal DPC HAPI Kabupaten Karawang untuk membantu masyarakat yang memerlukan pertolongan hukum.Karena sampai saat ini di Kabupaten Karawang ahli dalam bidang hukum maupun pengacara yang ada masih kurang," jelasnya.


    Dengan adanya Paralegal mungkin masyarakat bisa langsung meminta bantuan hukum, karena Paralegal berasal dari masyarakat, maka Paralegal dapat di terima langsung di masyarakat.


    Lanjut Bakri , Kekurangan itu membuat kita prihatin bahwa orang yang memerlukan bantuan hukum tidak terlayani dengan baik.


    "Masih banyak di Karawang orang yang terjerat hukum larinya kemana, minta tolongnya kesiapa. Nah, paralegal yang 9 orang inilah yang nanti akan memberikan bantuan hukum secara baik dan tidak tertandingi dalam memberikan bantuan hukum," ujarnya.


    Tambahnya, saya akan berusaha mengundang Kemenkumham, Kanwilkumham Jawa Barat, agar bisa bertatap muka dan berdialog.


    "Kenapa demikian, karena Kanwilkumham Jawa Barat bertanggung jawab terhadap bantuan hukum kepada masyarakat.Banyak bantuan hukum yang didirikan oleh negara tapi kemana kita meminta bantuan hukum tersebut," jelasnya.


    Lebih lanjut Bakri mengatakan, sebagai organisasi advokat yang ada di undang - undang 18 tahun 2003, di dalam pasalnya pun jelas pasal 30, 31, 32 HAPI ada di no 4 dari 8 organisasi.HAPI sangat peduli perkembangan bantuan hukum yang ada di Kabupaten Karawang.


    "Bahwa Paralegal garda terdepan untuk menyentuh masyarakat dan memberi bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.Jadi Paralegal ini membantu advokat, negara, Kemenkumham, Posbakum, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama," terangnya.


    Ia berharap kedepannya tidak ada lagi masyarakat di Kabupaten Karawang yang tidak mendapat bantuan hukum.Karena sudah ada Paralegal dari HAPI dan sah menurut undang-undang 18 tahun 2003.


    "Selamat kepada Paralegal yang sudah menerima sertifikat, semoga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan hukum," pungkasnya.


    Sementara salah satu peserta pelatihan Paralegal Aep Apriyatnya mengatakan, pelatihan Paralegal ini sangat bermanpaat sekali, soalnya kami diajarkan undang-undang advokat, undang-undang Paralegal, membuat surat kuasa dan lain-lain.


    "Semoga kami Paralegal dan ditambah legalitas kita yang sudah mendapatkan sertifikat bisa menjalankan tugas pokok dan pungsi Paralegal jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum," ucapnya, [sk]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +