• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ramadhan Berkah, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang Sabet 3 Penghargaan

    Kamis, 21 April 2022


    KarawangNews.com - Setelah perjuangan tiada henti, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang berhasil mempertahankan 3 BUMD Awards 2022 sekaligus. Sempat diragukan berbagai pihak  akhirnya perjuangan 3,5 tahun Perumdam Tirta Tarum mulai membuahkan hasil di tingkat nasional. 

    Pada tahun sebelumnya mengoleksi 8 penghargaan dalam berbagai kategori penghargaan, maka di bulan Ramadhan 1443 H ini Perumdam Tirta Tarum diganjar 3 penghargaan.

    Tiga penghargaan tersebut adalah, yang pertama jatuh pada Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana sebagai Top Pembina BUMD 2022.

    Yang kedua, PERUMDAM Tirta Tarum Karawang sebagai Top BUMD Awards 2022, Bintang 4.

    Dan yang ketiga jatuh kepada Dr. Ir. H.M. Sholeh, MM. sebagai Top CEO BUMD 2022 untuk kedua kalinya. 

    Acara Puncak Penghargaan Top BUMD Awards 2022 kali ini mengambil tema Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan. Dalam perhelatan ini dijaring 182 BUMD terbaik dari 1.149 BUMD di seluruh Indonesia. 

    Dalam sambutannya secara virtual Menparekraf Sandiaga S Uno menyampaikan bahwa terobosan BUMD Awards ini akan memacu kinerja dan kompetisi BUMD seluruh Indonesia sebagai andalan bisnis di daerah. 

    Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Raffles Jakarta yang akan dihadiri oleh oleh beberapa pejabat Negara baik dari Kemendagri, Kemenparekraf maupun dari Lemhannas RI. 

    Pada kesempatan tersebut Ibu Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas prestasi yang diraih oleh Perumdam Tirta Tarum Karawang sebagai salah satu BUMD paling sehat di wilayah Kabupaten yang telah dipimpinnya selama dua periode tersebut.  

    "Tak mudah mempertahan prestasi di tengah pandemi covid-19, apalagi bersamaan dengan masa refocussing anggaran yang pasti akan berpengaruh terhadap BUMD juga," ungkapnya.

    Dengan capaian ini pula, Perumdam Tirta Tarum telah membuktikan bahwa pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi BUMD terhadap pemerintah daerah dinilai sangat baik yaitu : 

    1. Memiliki kinerja yang baik, kepemimpinan baik.
    2. Telah melakukan inovasi yang didukung oleh teknologi informasi.
    3. Memiliki peran yang penting dalam pembangunan ekonomi di daerah, itulah kriteria yang telah dicapai Perumdam Tirta Tarum dalam gelaran TOP BUMD Awards 2022. 

    Tak lepas dari peran aktif Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana kemudian diganjar pula sebagai Top BUMD Awards 2022 untuk kedua kalinya. Memang selama 3.5 tahun terakhir PDAM yang sekarang telah bertransformasi menjadi PERUMDAM Tirta Tarum Karawang tak kenal lelah untuk berinovasi untuk meningkatkan kinerja dan layanannya. 

    Beberapa inovasi dalam bidang digital berupa SiPAKAR (Sistem Pelayanan Air Karawang) telah membuat perubahan yang signifikan. Demikian juga dengan beberapa program promo, amnesti denda, pelanggan teladan, optimalisasi produksi, hingga hadiah kejutan telah mengantarkan PERUMDAM Tirta Tarum tembus 100.000 pelanggan yang merupakan kategori BUMD Air Minum kelas tertinggi di tanah air.  

    Dr. Ir. H.M. Sholeh MM selaku nakhoda Perumdam Tirta Tarum sejak 2018 mengaku bersyukur, akan tetapi belum puas atas capaian ini karena selalu ingin memberikan layanan yang terbaik untuk seluruh pelanggan dan stakeholdernya.  

    "Dengan menyandang Perumdam kelas besar maka permasalahan dan tantangan yang dihadapi semakin kompleks juga, diantaranya tahun 2022 ini telah dicanangkan sebagai tahun perbaikan kualitas baik kualitas produksi maupun pelayanannya, hal itu pula yang akan menjadi tema Hari Ulang Tahun Perumdam Tirta Tarum ke-35 bulan depan," katanya.

    Untuk itu Dirut Perumdam Tirta Tarum itu pula mohon doanya agar sinergy antara Perumdam dengan eksekutif maupun legislatif dapat senantiasa dapat ditingkatkan lagi agar dapat memberikan layanan yang excellent kepada masyarakat Karawang. 

    Tantangan baru setelah menjadi Perumdam tentunya harus segera berbenah dengan status baru, SOTK & SOP baru maupun Business Plan baru, Reklasifikasi pelanggan maupun ketentuan lain yang merupakan konsekwensi perubahan status akan segera disosialisasikan. 

    Demikian juga kerjasama dengan berbagai pihak baik Kementerian PUPR, USAID-SECO maupun pihak lain masih tetap dilakukan dalam rangka akselerasi peningkatan layanan di Perumdam Tirta Tarum. 

    "Semoga dengan penghargaan ini akan semakin memacu peningkatan kinerja dan layanannya dalam berbagai sektor.  Memang prestasi ini belumlah sempurna, masih banyak keterbatasan dan kekurangan selama ini, namun tekad seluruh manajemen untuk meningkatkan kinerja dan layanan sesuai Motto-nya yaitu BEST (BErikan Service Terbaik !)," tandasnya. [Yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +