• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kunjungi Rest Area KM 57, Kapolri Siapkan Strategi Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

    Rabu, 27 April 2022
    Kapolri Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjuan di Rest Area KM 57 Tol Cikampek. (Dok. Divisi Humas Polri)

    KarawangNews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lakukan peninjauan langsung kesiapan pengamanan mudik Lebaran di Pos Terpadu Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek.

    Bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri memastikan, Ia beserta jajaran dan para stakeholder, telah menyiapkan berbagai macam strategi guna mewujudkan mudik aman dan nyaman bagi masyarakat.

    "Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan oleh seluruh anggota dalam menghadapi potensi kemacetan di arus mudik," kata Sigit usai meninjau Pos Terpadu Rest Area KM 57, Selasa (26/04/2022).

    Lebih lanjut, Sigit kembali menegaskan imbauan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat, untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hal itu untuk mengurangi beban serta potensi kemacetan yang terjadi pada saat puncak arus mudik pada tanggal 28-30 April 2022.

    Selain mengimbau mudik lebih cepat, Sigit juga menekankan terkait sejumlah strategi rekayasa lalin guna mencegah terjadinya kepadatan ketika puncak arus mudik terjadi.

    Sigit juga berpesan, agar masyarakat yang mudik, juga melalui jalur alternatif selain tol, misalnya seperti jalur pantura dan selatan guna menghindari kemacetan. Semua upaya dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

    "Tadi kita dengar secara langsung proses rekayasa yang dilaksanakan mulai dari proses ganjil-genap, contraflow sampai one way di H-4 yang akan dilaksanakan rencana mulai pukul 17.00 sampai 24.00 WIB mengarah ke timur," ujar Sigit.

    "Sehingga, ini harus disesuaikan dengan rekayasa yang bisa mendukung kegiatan tersebut. Terkait rekayasa yang ada, kita mengimbau untuk masyarakat yang sudah memiliki kesempatan dan sudah libur bisa segera mudik lebih awal," tambahnya.

    Selain fokus menciptakan mudik yang aman, Sigit menekankan seluruh pihak untuk juga mewujudkan mudik yang nyaman dan sehat.

    Menurut eks Kabareskrim Polri tersebut, pihaknya berupaya keras, angka kecelakaan selama arus mudik di tahun 2022 ini, bisa ditekan seminimal mungkin.

    "Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang kelelelahan dan ingin istirahat, Kita siapkan berbagai fasilitas pada pos tersebut. Bagi yang berbuka puasa, juga disiapkan takjil," tandas Sigit. 

    Sementara, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, yang mendampingi Kapolri menjelaskan, ada sejumlah pelayanan yang bisa didapatkan pemudik di Rest Area KM 57.

    "Fasilitas itu diantaranya pelayanan cek kesehatan gratis, vaksinasi dosis 1, 2, dan 3, pelayanan kepolisian penerimaan laporan kehilangan, ruang pojok baca dan charger hp, ruang laktasi bagi ibu menyusui, ruang pijat refleksi dan Wifi Gratis," kata Aldi. [Yoz/Red]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru