• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Lakukan Sidak, Komisi III DPRD Karawang Soroti Asal-muasal Limbah Medis RSUD Karawang

    Jumat, 06 Agustus 2021


    KARAWANG, KarawangNews.com - Komisi III DPRD lakukan sidak lapangan terkait persoalan limbah medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang yang mencuat beberapa waktu belakangan.

    Dalam sidak kali ini, Komisi III DPRD Karawang ditemui Plt. Dirut RSUD, dr. Fitra Hergyana, SP.KK, didampingi jajaran manajemen. Turut hadir di lapangan, Kadis DLHK Wawan Setiawan beserta Kabid Wasdal, ditemani perwakilan dari Dinas Kesehatan pada giat yang berlangsung Kamis, (6/8/2021) petang tersebut.

    Ketua Komisi III DPRD Karawang, H. Endang Sodikin mengatakan, terkait temuan limbah medis di RSUD Karawang yang viral beberapa hari belakangan. Pihaknya menyoroti masih ditemukannya sisa-sisa limbah jenis infeksius, diantara arugan tanah pada proyek perluasan gedung di sekitaran lingkungan IGD.

    Endang membeberkan terkait penemuan limbah tersebut, memang perlu ditelaah lebih jauh asal-muasal sumbernya. Persoalan ada unsur kesengajaan atau tidak dan kemungkinan kelalaian pihak internal maupun eksternal, ia menuturkan hal ini tentunya harus dilakukan pendalaman.

    "Ini bisa saja, tidak serta-merta bagian dari suatu unsur kesengajaan. Karena berdasarkan penjelasan rumah sakit, bisa saja RSUD itu banyak yang hilir-mudik, masuk dan keluar," kata Endang.

    Terkait pembenahan internal yang sedang dilakukan, pasca pergantian pucuk pimpinan sementara RSUD Karawang. Pria yang karib disapa HES ini menegaskan, dirinya mendukung berbagai upaya yang tengah dilakukan dr. Fitra dan kawan-kawan.

    Maka, pada sidak kali ini observasi atas permasalahan yang mencuat di RSUD belakangan. Ia mengatakan, perlu didalami unsur human error atau dugaan dumping yang dilakukan oleh oknum, sebagai bahan perbaikan untuk RSUD Karawang lebih baik kedepannya.

    "Kita dukung pembenahan di RSUD. Maka dari itu kita ke lapangan hari ini untuk observasi, untuk kemudian ditelaah agar diketahui betul apakah ini faktor human error atau unsur disengaja," tandasnya. [yoz]

    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru