• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    BKPSDM Karawang Sosialisasi Pedoman Isoman Bagi ASN dan Non ASN

    Rabu, 07 Juli 2021


    KARAWANG, KarawangNews.com
    - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang melakukan sosialisasi bagi seluruh aparat sipil negara (ASN) dan non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang secara virtual di Kantor BKPSDM, dibuka Sekretaris Badan, Jajang Jaenudin, Selasa (6/7/2021). 


    Hadir sebagai narasumber dr. Hj. Yayuk Sri Rahayu, M.KM dari Dinas Kesehatan Karawang dengan materi 'Pencegahan dan Upaya Yang Dilakukan Saat Isolasi Mandiri Bagi Yang Terkonfirmasi Covid 19'. Kegiatan ini diikuti Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) para ASN dan Non ASN.


    Kepala BKPSDM Karawang, H. Asep Aang Rahmatulah sebelumnya dalam surat undangan zoom meeting mengatakan, sosialisasi ini untuk memberi wawasan dan pengetahuan yang benar dalam melakukan isolasi mandiri (isoman). 

    Sosialisasi ini penting untuk ASN dan Non ASN yang terkonfirmasi positif covid 19 yang menjalani isoman di rumah karena ruang perawatan di RSUD maupun RS swasta sudah terisi penuh.


    Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan para ASN dan non ASN yang menjalani isoman di rumah dapat memahami dengan benar tatacara isoman, sehingga dapat cepat sembuh.


    Selanjutnya dalam paparannya, dr. Hj. Yayuk Sri Rahayu, MKM menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ASN dan non ASN yang sedang isolasi mandiri di rumah.  


    "Bagi yang isoman di rumah wajib menyediakan termometer dan oxymeter atau pengukur saturasi oksigen, tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan menerapkan etika batuk, pada prinsipnya menerapkan 5M," ujar Yayuk.


    Selain itu, dia mengingatkan supaya kesehariannya memeriksa suhu tubuh pagi dan sore, periksa saturasi oksigen dan frekuensi nadi, pantau laju napas serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.


    Setiap pagi jendela kamar juga harus dibuka, ini supaya cahaya matahari masuk dan terjadi sirkulasi udara. Upayakan juga berjemur matahari selama 10-15 menit antara pukul. 10.00-13.00 WIB dan olahraga rutin 3-5 kali seminggu.


    "Setiap hari kamar harus dibersihkan dengan tetap memakai masker, cuci alat makan sendiri setelah digunakan dan tidur di kamar pribadi terpisah dengan anggota keluarga," kata Yayuk.


    Saat isoman, selalu mengkonsumsi vitamin C, D atau sesuai anjuran dokter dan proaktif menghubungi pelayanan kesehatan terdekat untuk bimbingan pemantauan mandiri.


    Bagi isoman yang tanpa gejala dibutuhkan 10 hari isolasi sejak terkonfirmasi positif dan untuk gejala ringan dibutuhkan waktu perawatan selama 10 hari isolasi sejak timbul gejala minimal 3 hari bebas gejala.


    Pastikan juga secara rutin membersihkan area rumah yang sering disentuh dengan disinfektan atau cairan deterjen seperti di gagang pintu, kran air, toilet, wastafel, meja, kursi dan tempat lainnya.


    Buat catatan harian selama isoman terkait gejala yang dirasakan, suhu tubuh, saturasi O2, frekuensi nadi, laju napas atau keluhan lain.


    Kata Yayuk, jika saturasi oksigen dibawah 94% maka harus lapor ke petugas kesehatan untuk masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rumah sakit harus menerima pasien tersebut. [rls/spn]


    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru