• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews,com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Larangan Mudik Diberlakukan, Ratusan Kendaraan Diputar Balik di Perbatasan

    Kamis, 06 Mei 2021


    KARAWANG, KarawangNews.com – Ratusan kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) yang memasuki Kabupaten Karawang, terpaksa diputar balik oleh petugas kepolisian di Posko Pengamanan dan Penyekatan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat.

    Sejumlah kendaraan tersebut terindikasi pengguna jalan yang tengah melakukan perjalanan mudik Lebaran 1442 Hijriyah/2021. Tak mau kecolongan, upaya pengetatan dilakukan jajaran Kepolisian Resort (Polres) Karawang seiring diberlakukannya larangan mudik lebaran 2021.

    "Kendaraan R2 atau R4 yang melintas di perbatasan Bekasi-Karawang, kami lakukan pemeriksaan. Hingga pukul 01.30 WIB, sudah ratusan kendaraan R2 dan puluhan kendaraan R4 kita putar balikan ke arah jakarta dan sekitarnya," kata Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Penyekatan Tanjungpura Karawang, Kompol Suparno kepada awak media, Kamis (6/5/2021) dinihari.

    Dijelaskannya, kegiatan pengetatan yang dilakukan pihaknya telah sesuai dengan perintah langsung dari pemerintah soal mengadakan pengetatan untuk menindaklanjuti kegiatan larangan mudik.

    "Terhitung hari ini, yaitu tanggal 06 Mei 2021, penyekatan kami lakukan. Dan bagi pengendara yang tidak membawa syarat untuk keluar wilayah, akan kami putar balikan," tegasnya.

    Pantauan di lokasi hingga pukul 02.30 WIB, sejumlah pengendara terlihat pasrah dan mengikuti arahan petugas saat diminta putar balik oleh petugas. Sebagian dari mereka, memang mengaku sengaja ingin mudik ke kampung halaman.

    "Alhamdulillah tidak ada yang protes atau bagaimana, karena kita menjelaskan larangan mudik ini secara humanis dan sistematis sesuai prosedur yang berlaku juga. Pemeriksaan yang dilakukan, seperti mulai dari KTP, keterangan rapid test kemudian dari SIM-nya kita minta dengan humanis dan sistematis. Alhamdulillah para pengendara dapat mengerti," ujar Suparno.

    Sebelumnya diberitakan, ribuan kendaraan roda dua dari sejumlah wilayah seperti Jakarta dan Bekasi, terpantau memadati jalur arteri Lingkar Tanjungpura-Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

    Berdasarkan reportase, di pertigaan lampu merah Tanjungpura, Karawang pada pukul 22.00 WIB hingga 23.45 WIB, Selasa (4/5/2021) malam, ribuan kendaraan pemudik bebas melintasi perbatasan Bekasi-Karawang dan menuju arteri Lingkar Tanjungpura-Klari menuju Jawa Tengah. [yoz]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    lingkungan

    +