• Jelajahi

    Copyright © KarawangNews.com - Pelopor Media Online di Karawang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pertamina EP Asset 3 Kembali Hijaukan Pesisir Indramayu

    Rabu, 23 Desember 2020

    PERTAMINA EP  Asset 3 kembali hijaukan pesisir Indramayu, Senin (21/12/2020) di pantai muara kanal Main Gathering Station (MGS) fungsi Oil & Gas Transportation (OGT) Pertamina EP Asset 3, Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

    Di pesisir pantai ini, sebanyak 750 pohon cemara laut ditanam pekerja serta mitra kerja, termasuk General Manajer Pertamina Asset 3, Wisnu Hindadari. 

    Persiapan penanaman pohon ini telah dimulai sejak Sabtu (12/12/2020) lalu, diantaranya menyiapkan bibit, pembersihan lahan tanam, pembuatan lubang tanam hingga penanaman.

    "Menanam pohon ibarat menabung amal ibadah, bila dilakukan dengan tekun dan tepat hingga tanaman tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup, maka amal kita tidak akan putus," ucapnya.

    Kata Wisnu, penanaman penghijauan di pesisir pantai ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina EP untuk selalu tumbuh bersama lingkungan di sekitarnya.

    Diakuinya, pohon cemara laut dipilih, Karen jenis tanaman ini mampu menahan angin  dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

    Ketua Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso, Moekhtar mengatakan, Pertamina PE Asset 3 sudah mulai menginisiasi penghijauan di pesisir pantai sejak beberapa tahun lalu secara konsisten. 

    Tahun lalu, penghijauan di area pantai MGS Balongan juga menanam cemara laut dan mangrove jenis bakau. Sebanyak lebih dari 60% bibit yang ditanam tahun lalu tumbuh dengan baik.

    "Seperti cemara laut yang sekarang kita lihat ini," kata dia, menunjuk pepohonan cemara yang sudah tumbuh tinggi.

    Diketahui, Komitmen Pertamina EP Asset 3 juga diapresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui penghargaan Proper Emas tahun 2020 yang diberikan kepada 2 lapangan di Asset 3 yakni lapangan Subang dan Tambun. 

    Kegiatan penghijauan, khususnya di sekitar pesisir pantai juga memang telah dilaksanakan Pertamina EP Asset 3 di hampir semua wilayah kerjanya, dari Subang hingga  Indramayu.

    Selain penghijauan di pesisir pantai ini, sejumlah pegawai Pertamina juga melakukan bersih-bersih pantai atau 'coastal clean up'. Fungsi OGT PEP Asset 3 juga rutin melaksankan kegiatan 'coastal clean up' hampir setiap minggunya, sebab sampah buangan dari laut saat pasang sering mengotori area pantai muara kanal MGS Balongan. [rls/spn]
    Kolom netizen

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru