Iklan

Intibois Lab Hadir di Karawang, Bantu Kendalikan Covid-19

Kamis, 19 November 2020



CIKAMPEK, KarawangNews.com - Intibois Laboratorium hadir di Karawang untuk membantu pemerintah melakukan pemeriksaan tes PCR laboratorium Intibios berbentuk kontainer itu dapat melakukan pengetesan PCR lebih singkat, yakni sekitar tiga hari.

Peresmian bangunan ini menyusul lab serupa yang telah ada di beberapa daerah di Jawa barat yakni Cirebon, Bandung dan Bogor dalam Acara ini yang berlokasi di jalan Dawuan.


Penggagas Intibios Lab, Enggartiasto Lukita mengatakan, adanya Intibios lab di Kabupaten Karawang membantu masyarakat Dalam pengendalikan laju penyebaran Covid-19 diperlukan sejumlah langkah seperti tracing (pelacakan), tracking (penelusuran) dan testing (pengetesan).Dengan Intibios Lab ini, maka proses tes PCR menjadi lebih cepat dan akurat. 


Dalam sehari, untuk jumlah pengetesan di satu kota atau kabupaten, bisa lebih dari 400 test PCR. Namun ketika permintaan terus bertambah, maka pihaknya bisa mendatangkan mesin lainnya dalam memenuhi kebutuhan pengetesan. Adanya Intibios Lab bisa membantu program pemerintah dalam penanganan Covid-19. Pihaknya sudah membuat 20 kontainer Intibios Lab, yang tersebar di beberapa daerah di Tanah Air.


“Kita sudah lakukan persiapannya untuk sejumlah daerah di Indonesia termasuk Jawa Barat, seperti Bogor, Bandung, Karawang, dan Cirebon, sistem jemput bola akan digunakan dalam memermudah pelacakan dan penelusuran," kata dia, saat peresmian, Kamis (19/11/2020) yang juga dihadiri Muspida Karawang. 


Penggagas Intibios Lab Karawang, Sabil Akbar mengatakan, di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, dilakukan dengan berbagai macam proses serta harus ada laporannya.


Kata Sabil, penanganan Covid-19 tidak bisa hanya oleh pemerintah, tapi juga dibutuhkan pihak lainnya, termasuk swasta. Diakuinya, dia melihat bagaimana beban satu kota, misalnya Kota Bandung yang harus menerima juga dari luar.


"Maka dengan adanya Intibios lab ini sangat membantu warga Kabupten K├árawang itu dari persiapan fasilitas kita maksimalkan,” jelasnya.


Keterbatasan laboratorium yang tidak seimbang dengan permintaan pengetesan, membuat hasil PCR keluar cukup lama oleh karena hadirnya di serta distribusi yang lebih cepat. [rls]


Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu., Nabi SAW bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

Berita Terbaru