Covid-19 Terkendali, Karawang Berubah Status Zona Orange

KARAWANG, KarawangNews.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK mengumumkan kabar baik bagi warga Karawang, bahwa status Kabupaten Karawang turun ke zona orange, setelah sebelumnya ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat zona merah, Jumat (9/10/2020). 

Penurunan zona merah ke zona orange, karena keberhasilan menekan penyebaran virus corona di Karawang, serta tingginya pasien terkonfirmasi virus yang dinyatakan sembuh. Zona oranye berarti resiko penyebaran virus corona berada dalam kategori sedang. 

"Meski sudah turun level, masyarakat diminta tetap waspada penyebaran Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Fitra. 

Ia menuturkan, zonasi bukanlah sesuatu yang penting. Bagi Satgas Penanganan Covid-19, yang paling penting bagaimana kita konsisten melaksanakan protokol kesehatan dan meningkatan kewaspadaan kita semua akan bahaya virus corona. 

Ia menuturkan, sebelumnya Karawang zona kuning. Namun, beberapa pekan penambahan kasus Covid-19 Karawang cukup tinggi. Sehingga pekan pertama September Karawang yang sebelumnya bersatatus zona kuning meningkat menjadi orange dan kemudian meningkat lagi menjadi merah. 

"Semoga trend ini terus berlanjut dan tidak lagi naik ke zona merah setelah kemarin tiga hari berturut-turut ada aksi demo yang cukup mengundang keramaian dan kerumunan," tandasnya.

Ia juga mengapresiasi aparat Polri/TNI dan pemerintah yang kemarin bertugas dengan cara persuasif serta membagikan masker kepada para peserta aksi demo, demi penekanan penyebaran virus corona di Karawang. Sementara, data Covid-19 per hari ini, pukul 14.00 terdapat penambahan pasien sebanyak 16 orang. 

"Total 870 warga Karawang terkonfirmasi virus corona, 163 orang masih dalam perawatan, 675 orang sudah sembuh dan 32 orang meninggal dunia," kata Fitra. [rls]
iklan
BERIKAN KOMENTAR ()